Serba Bisa, Petugas Damkar Pos Jaga Majenang Selamatkan Anjing Peliharaan di Sela-Sela Bangunan

Serba Bisa, Petugas Damkar Pos Jaga Majenang Selamatkan Anjing Peliharaan di Sela-Sela Bangunan

Kondisi seekor anjing yang berhasil diselamatkan oleh petugas Damkar di Wanareja, Minggu 04 Juni 2023 sekitar pukul 20.30.-UPT Damkar Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Petugas Damkar pos jaga wilayah Majenang menerima laporan dari Warga Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Sahrul (20) yang mendapati anjing peliharaannya terjepit di sela-sela bangunan rumahnya. Terjadi pada Minggu (4/6) sekira pukul 20.30.

Diketahui, anjing tersebut merupakan peiharaan salah satu warga, karena pemilik rumah khawatir sehingga melapor ke Petugas Damkar Majenang.

"Kami kirimkan 3 petugas jaga dengan menggunakan APD lengkap, pelapor khawatir anjing itu akan mati jika tidak segera ditolong," kata Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi, Senin (5/6).

BACA JUGA:Remaja Asal Banjarnegara Meninggal Dunia Saat Memancing Ikan di Sungai Gintung

Setelah 10 menit, anjing tersebut berhasil diselamatkan oleh petugas. Kemudian dilanjutkan dengan SOP lanjutan yang biasa dilakukan setelah penanganan, yaitu sosialisasi aplikasi Satkartaru SIAP, dan membagikan nomor pos Damkar kepada masyarakat.

"Kami berikan nomor Pos Damkar kepada masyarakat, kemudian cara pelaporan melalui aplikasi Sarkartaru SIAP," beber Supriyadi.

Supriyadi menambahkan, selain penanganan kebakaran, saat ini Damkar bisa melakukan penanganan lainya, seperti penyelematan maupun evakuasi hewan peliharaan atau liar, kemudian membantu melepaskan cincin yang tersangkut tidak bisa terlepas dari jari, dan lain - lain.

BACA JUGA:Penyempurnaan Gedung Baru Perpusda Dikebut, Ini Penjelasannya

"Bahkan, Hari Sabtu 03 Juni 2023 kemarin kita bantu melepas borgol yang tidak bisa terlepas karena kunci nya hilang, ada laporan seorang remaja bermain dengan borgol lalu terkunci," tuturnya.

Setelah mencari kunci tapi tidak ditemukan, Faqih Ardianto (14) remaja warga Kelurahan Donan Kecamatan Cilacap Tengah tersebut mendatangi Pos Damkar wilayah kota untuk meminta pertolongan.

"Ya kita tangani, petugas Damkar sudah dibekali dengan kemampuan serta pengetahuan mengenai penanganan permaslahan seperti itu, jadi tak kurang dari 1 menit borgol berhasil kita lepas, selanjutnya kita berikan himbauan," beber Supriyadi.

BACA JUGA:Tanaman Median Jalan Butuh 4 Tangki Air Setiap Hari

Pihaknya meminta kepada masyarakat agar melapor ke petugas Damkar jika menemukan hal - hal seperti diatas apalagi penanganan yang berkaitan dengan hewan liar.

"Jangan lakukan penanganan sendiri, karena berbahaya, lapor ke kami pasti kita tangani, kita stand by selama 24 jam penuh," tegas Supriyadi.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: