Warga Non Budhis Ikuti Kenduri di Wihara Setiya Dana

Warga Non Budhis Ikuti Kenduri di Wihara Setiya Dana

Warga mengikuti kenduri dalam rangka merayakan rangkaian Tri Suci Waisak 2567 BE tahun 2023, Sabtu (3/6) malam di Wihara Setiya Dana. -fijri Rahmawati/Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hari Raya Waisak dirayakan dengan rangkaian Tri Suci Waisak 2567 BE tahun 2023 di Wihara Setiya Dana, Desa Selanegara, Kecamatan Sumpiuh, Sabtu (3/6) dengan menggelar kenduri.

Menariknya, tasyakuran kenduri tersebut, diikuti warga non Budhis di lingkungan sekitar Wihara Setiya Dana. Lepas waktu Isya, warga berdatangan. Kebanyakan masih mengenakan sarung dan peci. Lalu, mereka duduk memenuhi pendopo wihara.

Ketua Wihara Setiya Dana, Tugiran Suhadi menyampaikan, acara kenduri pada rangkaian Tri Suci Waisak merupakan bagian dari tradisi.

BACA JUGA:Penyebab Kebakaran Pasar Perja Banjarnegara Terbakar Masih Belum Diketahui

"Kami juga mengundang warga non Budhis untuk kenduri," kata Suhadi usai acara yang dihadiri Kapolsek Sumpiuh, AKP Yanto beserta anggotanya.

Dalam acara Kenduri menyediakan tumpeng dan ambeng. Acara berlangsung sederhana. Sesepuh Wihara Setiya Dana, Puriyan memaparkan, tasyakuran sebagai wujud amisadana.

"Amisadana yaitu berbuat kebajikan kepada orang lain dengan berbagi barang atau benda. Kami membagikan ambeng dan tumpeng," papar Puriyan.

BACA JUGA:Bawaslu Purbalingga Minta Panwascam Pastikan Saran Perbaikan DPSHP Ditindaklanjuti PPK

Pada tumpeng dibuat empat undakan. Hal tersebut melambangkan tingkatan dalam melangkah untuk menuju nirwana. Semakin tinggi tingkatan. Maka bertambah sulit yang harus dilalui.

Di penghujung acara, warga mengemas ambeng yang disediakan ke dalam wadah untuk dibawa pulang.

BACA JUGA:Viral! Lakukan Penyembuhan Wuru, Salah Seorang Oknum Diduga Lakukan Pelecehan Seksual

Terpisah, AKP Yanto mencatat, di wilayah Kecamatan Sumpiuh terdapat tujuh wihara. Dan ada sekitar 60 orang yang berangkat ke Borobudur. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: