Mayoritas Angka Stunting Desa di Ajibarang Turun

Mayoritas Angka Stunting Desa di Ajibarang Turun

Data per April, kenaikan jumlah balita potensi stunting di wilayah Kecamatan Ajibarang ada di Desa Karangbawang.-yudha Iman Primadi/Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Penanganan stunting di wilayah Kecamatan Ajibarang menunjukkan progres yang baik. Di mana dari data bulan April 2023, mayoritas angka stunting di desa turun.

Data yang dihimpun Radarmas, dari delapan desa yang masuk wilayah Puskesmas Ajibarang I yaitu Ajibarang Wetan, Ajibarang Kulon, Pandansari, Kracak, Darmakradenan, Ciberung, Karangbawang, dan Tipar Kidul, hanya satu desa dengan angka stunting per bulan April mengalami kenaikan.

Kepala Puskesmas Ajibarang I, Kabul Harsono mengatakan, angka stunting di delapan desa menunjukkan progres yang baik. Per April, angka stunting di tujuh desa yang turun yaitu Ajibarang Kulon di 2022 ada 42 balita turun menjadi 31 balita potensi stunting, Ajibarang Wetan dari 44 balita menjadi 36 balita, Pandansari dari 17 balita menjadi 16 balita, Tipar Kidul dari 54 balita menjadi 51 balita, dan Kracak dari 114 balita menjadi 81 balita.

BACA JUGA:Bantuan Pangan Beras untuk KPM Mulai Didistribusikan Ke Ajibarang

"Di dua desa yaitu Darmakradenan dan Ciberung jumlah balita potensi stunting bertahan. Darmakradenan 75 balita dan Ciberung 22 balita. Kenaikan di Desa Karangbawang dari 44 balita menjadi 54 balita," katanya saat ditemui Radarmas, Kamis (25/5).

Disinggung terkait informasi kenaikan angka stunting di Desa Kracak, Darmakradenan, dan Tipar Kidul dipastikan Kabul hal tersebut tidak benar. Kenaikan angka stunting di wilayah kerjanya ada, tetapi hanya di Desa Karangbawang. Penyebabnya bermacam-macam salah satunya salahnya pola asuh yang dijalankan orangtua, seperti mempercayakan tumbuh kembang anak pada pembantu karena sibuk bekerja.

"Mengoptimalkan pola asuh dari orangtua, kami menjalankan survei ke sekolah-sekolah khususnya Taman Kanak-Kanak (TK)," terang dia.

BACA JUGA:Banyumas Sabet Dua Emas Pada Peparpeda

Adapun di Kabupaten, target dari Bupati Banyumas untuk angka stunting harus ditekan sampai 10 persen. Kondisi saat ini untuk Banyumas masih di angka 16 persen. Dibandingkan nasional yang 24 persen, angka stunting Banyumas sudah dibawahnya.

"Untuk provinsi saya kurang tahu berapa angkanya," pungkas Kabul. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: