632 Personil Polresta Cilacap ditunjuk jadi Polisi RW

632 Personil Polresta Cilacap ditunjuk jadi Polisi RW

Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto melepas Polisi RW sebagai tanda keberadaan mereka sudah di tengah - tengah masyarakat, Rabu 24 Mei 2023.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 632 personil Polresta Cilacap ditunjuk untuk menjadi Polisi Rukun Warga (RW). Peluncuran program tersebut dilakukan oleh Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto di lapangan SAR Polresta Cilacap, Rabu 24 Mei 2023.

 

Kegiatan diawali dengan apel pagi dilanjutkan dengan pemasangan ban lengan oleh Kapolresta kepada perwakilan angota polisi RW yang ditunjuk kemudian pelepasan secara simbolis.

 

Dalam amanatnya, Kapolresta mengatakan dengan adanya Polisi RW diharapkan dapat meningkatkan kerjasama serta sinergitas antara Polri dan masyarakat mengenai ganguan kamtibmas serta hal - hal lainnya.

 

"Melalui Polisi RW dapat meningkatkan interaksi dengan masyarakat secara langsung dengan mengedepankan tindakan preventif," katanya.

 

Menurut Kapolresta, wilayah Kabupaten Cilacap terdiri dari 2.341 RW, sementara jumlah anggota Polres Cilacap sebanyak 632, sehingga jumlah tersebut baru mengakomodir 37 persen.

 

"Meski secara jumlah tidak memenuhi kita akan optimalkan peran para Polisi RW, para Kapolsek sebanyak 25 orang juga turut turun ke lapangan menjadi Polisi RW," lanjutnya.

 

Polisi RW tersebut akan memiliki tugas antara lain, melaksanakan sambang Binluh dengan mengutamakan restorative justice, melakukan kontak langsung dengan masyarakat, mendengarkan keluh kesah setiap permasalahan di tingkat RW, scaning kerawanan wilayah, berkordinasi dengan Bhanbinkamtibmas dan membuat laporan pada aplikasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: