Pengajuan Pembuatan Kartu Kuning di Cilacap Meningkat

Pengajuan Pembuatan Kartu Kuning di Cilacap Meningkat

Sejumlah pemohon kartu kuning memadati tempat layanan Disnakerin, Senin 22 Mei 2023-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Pasca kelulusan SMA/SMK/Sederajat, permintaan pembuatan kartu kuning di Kabupaten Cilacap meningkat. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Cilacap, Dikdik Nugraha.

Dikatakan Dikdik, pada bulan Mei hingga Juni biasanya permohonan pembuatan kartu kuning meningkat di Kabupaten Cilacap.

"Ini mulai meningkat. Mulai Mei ini, per hari biasanya kami melakukan 50-60 pelayanan untuk pemohon pembuatan kartu kuning. Kalau hari biasa cuma 20 orang yang buat,"  kata dia, Senin 22 Mei 2023. 

Dikdik mengatakan, untuk melakukan permohonan kartu kuning, masyarakat hanya menyediakan syarat yang ditentukan. Seperti KTP, ijazah terakhir dan pas foto. 

"Syarat mudah seperti KTP, Ijazah terkahir, pas foto, kalau ada sertifikat kompetensi pengalaman bekerja. Karena pelayanan secara online pun juga bisa. Kalau dulu membutuhkan waktu 1 Minggu, sekarang satu hari bisa selesai prosesnya," ujarnya. 

Dikdik mengatakan, rata-rata para pembuat kartu kuning ditujukan untuk mencari pekerjaan di wilayah Jakarta, Karawang, Bekasi. Sedangkan dengan tujuan Kabupaten Cilacap tidak ada. 

"Kartu kuning ini kan tujuannya untuk memberitahu perusahaan bahwa kita tidak terikat kerja. Rata-rata memang ditujukan ke luar Cilacap, seperti Jakarta, Bekasi, Karawang," kata dia.

Dikdik pun memastikan, para pembuat kartu kuning bisa terlayani dengan baik. Pasalnya, hingga saat ini ketersediaan blangko masih tercukupi. 

"Disnaker juga memiliki layanan yang cukup memudahkan para pemohon. Selain berbasis digital ada juga yang disediakan untuk bisa mencetak kartu kuning secara mandiri," ujar Dikdik. 

Hal tersebut pun diakui Pranata, salah satu pembuat kartu kuning. Dia mengaku, sejak pagi, dia sudah datang ke Disnakerin Cilacap untuk membuat kartu kuning. 

"Ini salah satu syarat untuk bekerja. Dari penyedia lapangan kerja disuruh seperti itu, syaratnya membuat kuning. Alhamdulillah sudah jadi, tadi bantu petugas membuat kartu kuning," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: