Alami Kendala Saat Entri data di Aplikasi, 2 Parpol Ajukan Kembali Daftar Bacaleg

Alami Kendala Saat Entri data di Aplikasi, 2 Parpol Ajukan Kembali Daftar Bacaleg

Partai Kebangkitan Nasional saat menyerahkan daftar Bacaleg terbaru setelah mengalami kendala saat entri data pada aplikasi Silon, Sabtu 20 Mei 2023.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - 2 Partai Politik yaitu Partai Buruh dan Partai Kebangkitan Nasional (PKN ) mengajukan kembali daftar Bakal Calon Legislatif ( Bacaleg), hal itu terjadi karena kendala pada saat submit pada aplikasi Silon, sehingga ada beberapa Bacaleg yang tidak muncul.

Weweng Maretno, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Cilacap mengatakan, Bacaleg dari ke dua Parpol tersebut pada beberapa Daerah Pemilihan (Dapil) tidak muncul, padahal mereka sudah melakukan entri dan submit pada aplikasi Silon sebelum Minggu 14 Mei 2023 pukul 23.59.

"Kita terima  berkas serta daftar Bacaleg dari Partai Buruh dan PKN dan berkasnya dinyatakan lengkap, mereka belum puas karena ada Bacaleg yang tidak masuk, sehingga melakukan pengajuan ulang," katanya, Minggu 21 Mei 2023.

Sebelumnya, ada beberapa pengurus partai politik pusat mengirim surat ke KPU Pusat mengenai pengajuan kembali daftar Bacaleg untuk DPRD Daerah maupun Provinsi sehingga terbit surat resmi dari KPU RI mengenai hal itu.

"Ada 5 Parpol yang berkirim surat yaitu DPP Partai Buruh, PKN, Partai Garuda, Partai Ummat dan Partai Perindo, namun di Kabupaten Cilacap hanya 2 Parpol yang mengajukan, Parpol lain ketika dikonfirmasi merasa sudah cukup dengan pengajuan sebelumnya," lanjut Weweng.

Sehingga, atas pengajuan daftar Bacaleg dari 2 Parpol tersebut, jumlah Bacaleg mengalami penambahan yang sebelumnya 689 menjadi 695, dengan rincian 430 Laki - laki dan 265 Bacaleg perempuan.

"Dari jumlah itu, total keterwakilan Bacaleg perempuan masih terpenuhi  yaitu 38,13 persen," tegas Weweng.

Dalam hal itu, KPU Cilacap memberikan pelayanan yang adil bagi masing - masing Parpol tidak memandang bahwa itu partai besar atau partai pendatang baru, mulai dari persiapan melalui layanan helpdesk , monitoring kesiapan dilanjutkan dengan unggah data dan penerimaan daftar Bacaleg.

"Semua kita perlakukan sama, semua kita dampingi jangan sampai ada yang tertinggal. Untuk saat ini sudah masuk dalam tahapan verifikasi administrasi dari Bacaleg pada masing - masing Parpol yang akan selesai pada tanggal 23 Mei 2023 mendatang," pungkas Weweng.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: