Permintaan Meningkat, Harga Telur Ayam Ras di Cilacap Naik Drastis

Permintaan Meningkat, Harga Telur Ayam Ras di Cilacap Naik Drastis

Seorang pembeli sedang memilih telur ayam ras di sebuah swalayan -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Harga telur ayam ras di Kabupaten Cilacap melonjak tajam. Pasalnya, harga telur ayam ras kini dibandrol dengan harga Rp 32 ribu per kilogram. 

Penyuluh Perindustrian Perdagangan Ahli Muda DPKUKM Cilacap, Warsun mengatakan, sebelum harga telur ayam ras di Kabupaten Cilacap dibandrol dengan harga Rp 26 ribu - Rp 28 ribu per kilogram.

Kenaikan harga telur ayam disebabkan karena permintaan yang melonjak saat ini. Untuk itu, sejumlah agen telur ayam mulai menaikan harga di tingkat pedagang. 

"Penyebab kenaikan ini karena pemerintah yang naik karena saat ini kegiatan hajatan dan sejenisnya sedang banyak. Kemudian juga ada penyaluran bantuan sosial PKH, jadi stok di pasaran berkurang," kata Warsun, Selasa 16 Mei 2023.

Warsun mengatakan, harga tersebut akan stabil jika permintaan di pasaran mulai normal kembali. "Sesuai hukum supply demand," ujar Warsun.

Sementara itu, selain harga telur ayam ras yang naik, harga daging ayam ras juga mengalami kenaikan. Di sejumlah pasar tradisional Cilacap, harga daging ayam ras dibandrol dengan harga Rp 38 ribu per kilogram.

Kemudian, harga cabai rawit merah yang semula diharga Rp 18 ribu per kilogram, perlahan kini mulai naik di harga Rp 27 ribu - Rp 28 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang putih apel saat ini Rp 32 ribu per kilogram. Dan harga bawang putih kating Rp 34 ribu per kilogram. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: