Desa Onje Kuatkan Status Menjadi Desa Wisata Religi di Purbalingga

Desa Onje Kuatkan Status Menjadi Desa Wisata Religi di Purbalingga

Kepala Desa Onje Mugi Ari Purwono.-DINKOMINFO PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Desa Onje, di Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga memperkuat status menjadi Desa Wisata Religi di Kabupaten Purbalingga.

Hal itu terjadi setelah Pemerintah Desa Onje mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

Kepala Desa Onje Mugi Ari Purwono mengatakan, wisata religi di Desa Onje semakin banyak mendapatkan kunjungan wisatawan, beberapa waktu terakhir.

“Desa Onje banyak dikunjungi oleh peziarah dari luar daerah. Peziarah mengunnungi Makam Adipati Onje, serta Masjid R Sayyid Kuning. Keduanya merupakan ikon wisata religi di Desa Onje,” katanya, Senin, 15 Mei 2023.

Alumni Fakultas Ilmu Keolahragaan Universita Negeri Semarang ini mengungkapkan, banyaknya wisatawan religi yang datang ke Onje. Karena wilayah tersebut sudah mendapat sentuhan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

BACA JUGA:Gawat! Lima Desa di Kecamatan Karanganyar Masuk Kategori Miskin Ekstreem

"Sehingga wilayah Desa Onje menjadi semakin menarik dan nyaman untuk dikunjungi, " imbuhnya.

Pria yang juga wasit sepakbola ini menjelaskan, beberapa waktu lalu mendapatkan dana hibah Rp 10 juta dari Pemkab Purbalingga. Dana tersebut, untuk lebih menguatkan wisata religi Desa Onje.

Ari menambahkan, tak hanya dana hibah dari Pemkab Purbalingga. Pada tahun 2021 lalu, Desa Onje juga mendapatkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK), sebesar Rp 100 juta.

Diketahui, Desa Onje merupakan Kadipaten atau pusat pemerintahan di masa sebelum kemerdekaan. Asal mula Kabupaten Purbalingga berasal dari Desa Onje.

Tak hanya itu, di Desa Onje terdapat komunitas penganut Islam Aboge (Alip Rebo Wage), yang jamaahnya masih ada hingga saat ini.

Sebelumnya, juga sempat digelar Grebeg Desa Onje, setiap bulan Sya’ban. Namun, acara rutin tahunan ini terhenti saat Pandemi Covid-19. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: