Atasi Kemacetan, Bakal Ada CCTV di Persimpangan Sirongge

Atasi Kemacetan, Bakal Ada CCTV di Persimpangan Sirongge

Padat : Perempatan Sirongge yang kerap memicu kemacetan arus lalulintas, akan dipasang kamera intai online.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Tahun 2023 ini anggaran dari APBD di Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten PURBALINGGA, sedang minim. Khusus untuk pembenahan marka jalan. Namun untuk kelengkapan jalan, akan dipasang cctv di persimpangan Sirongge, Kecamatan PURBALINGGA.

"Segera dalam tahun ini kami upayakan pemasangan cctv online di perempatan Sirongge. Karena perempatan itu sangat padat dan kerap memicu kemacetan lalulintas," kata Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga, Sunarno, Minggu 14 Mei 2023.

Untuk cctv dianggarkan Rp 140 juta setahun dari APBD Kabupaten Purbalingga untuk marka jalan.

"Pemenuhan anggaran untuk rambu baru tahun ini tidak ada. Ditambah dana alokasi khusus (DAK) juga tidak menerima. Jadi tidak ada anggaran untuk rambu-rambu dan lainnya," rincinya.

BACA JUGA:Sehari, Damkar Terima Minimal 3 Pengaduan Kedaruratan

Lebih lanjut dikatakan, pemasangan sarpras lain seperti warning light, penunjuk jalan dan marka jalan, masih bisa direalisasikan, dari APBD. Untuk di jalur utama Purbalingga, tetap ada pemeliharaan rambu dan lampu jalan dan ditambah pemasangan cctv.

"Marka jalan termasuk marka kejut dan pemeliharaan. Kalau cctv ada di empat sudut di persimpangan Sirongge itu," tambahnya.

Pihaknya berharap tahun ini semua sarpras sudah siap. Bukan hanya karena kebutuhan, namun karena akan dipakai selamanya. “Sepanjang tidak ada kerusakan dikurun waktu yang sama, maka rambu masih bisa berfungsi baik,” katanya.

Pihaknya berharap tahun depan sudah ada lagi anggaran untuk rambu-rambu lalulintas. Sehingga dimungkinkan bisa untuk pengadaan rambu baru. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: