Ditinggal Pulang, Mesin Pengolah Batok Kelapa di Gudang Bahan Obat Nyamuk Terbakar di Purbalingga

Ditinggal Pulang, Mesin Pengolah Batok Kelapa di Gudang Bahan Obat Nyamuk Terbakar di Purbalingga

Dipadamkan : Gudang olahan batok kelapa untuk bahan obat nyamuk di Jetis, Kemangkon Purbalingga saat dipasamkan oleh damkar Purbalingga, Senin 8 Mei 2023 malam.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID- Sebuah gudang penggilingan batok atau tempurung kelapa sebagai bahan obat nyamuk di RT 6 RW 3 Desa Jetis, Kemangkon, terbakar di bagian mesin pemanasnya.

Kejadian sekira pukul 18.30, Senin 8 Mei 2023 petang itu menyedot perhatian warga dan pengguna jalan, karena 3 kendaraan pemadam kebakaran Sat Pol PP Purbalingga, melakukan pemadaman.

Penyebab kebakaran di gudang milik Endro (70) warga Kecamatan Kalimanah itu belum bisa dipastikan, namun diduga kuat di bagian blower penggilingan batok kelapa. Saat ditinggal pulang, masih posisi meninggalkan bara yang siap menyala.

Kabid Pemadam dan Kedaruratan Sat Pol PP Purbalingga Yulianto SH didampingi Koordinator Pemadam Kebakaran Kota, Murbawantik Seno Aji menjelaskan, saat itu tim Damkar menerima perintah pemadaman di gudang.

BACA JUGA:Perbaiki Pompa Air, Sudiarso Meninggal Kesetrum

Saat tiba di lokasi sekitar pukul 18.35, warga sudah banyak di lokasi kejadian. Penjaga malam Misdar (40) yang mengetahui awal kejadian, melaporkan adanya api ke kontak pemadam Purbalingga.

Api hanya membakar mesin dan tidak sampai membakar bangunan dan atap. "Untuk mengantisipasi adanya kebakaran lebih besar, kami menyemprot air ke atas atap. Kurang lebih sejam atau pukul 19.30, situasi sudah terkendali," katanya, Selasa 8 Mei 2023 malam.

Kerugian masih dalam perhitungan. Penyebab kebakaran kemungkinan overheat pada mesin dan tidak diketahui oleh pekerja yang sudah pulang.

"Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya beberapa bagian mesin pengolah ada bekas terbakar," tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: