Lupa Matikan Tungku, Rumah di Gandrungmangu Dilalap si Jago Merah

Lupa Matikan Tungku, Rumah di Gandrungmangu Dilalap si Jago Merah

Tim Damkar Sidareja melakukan pemadaman dan pendinginan, Selasa 2 Mei 2023-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Rumah milik Ahmad Gufron (57), yang terletak di Dusun Ciawitali RT 03 RW 07 Desa Gandrungmangu, Kecamatan Gandrungmangu, hangus dilalap si jago merah, Selasa 2 Mei 2023. 

Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi menjelaskan, kejadian ini terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, rumah tersebut ditinggal oleh pemiliknya pergi ke sawah. 

"Pemilik rumah saat itu berangkat ke sawah dan istrinya juga pergi ke pasar. Jadi terbakar saat pemiliknya tidak ada di rumah," ujar Supriyadi.

Saat itu, tetangga korban melihat kepulan asap yang berasal dari atap bagian dapur. Sontak, saat melihatnya, seorang saksi bernama Syarif, teriak kebakaran, dan meminta bantuan ke warga lain untuk memadamkannya. 

BACA JUGA:Pelaku Jambret Diringkus Polisi, Saat Main Play Station

"Warga langsung berbondong - bondong datang untuk memadamkan dengan alat seadanya. Namun api keburu membesar. Jadi tidak dapat dipadamkan," kata Supriyadi. 

Usai tak bisa padam, lanjut Supriyadi, warga setempat pun langsung menghubungi tim Pemadam Kebakaran Sidareja. Dengan quick response 5 menit, petugas Damkar Sidareja datang dengan membawa 3000 liter air. 

"Karena api sudah membesar, bangunan bagian dapur ukuran 3 x 9 meter tidak bisa diselamatkan. Kemudian api juga menjalar ke atap dua kamar tidur. Namun rumah pokok masih bisa diselamatkan, dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ujar Supriyadi.

BACA JUGA:Sepekan Dua Warga Meninggal Tertabrak Kendaraan, Jalan Klapasawit Dikeluhkan

Supriyadi mengatakan, penyebab kebakaran tersebut diduga lantaran tungku di dapur lupa dimatikan. Sehingga menjalar ke bagian dinding yang terbuat dari bilik kayu. Sedangkan kerugian akibat kejadian tersebut ditaksir mencapai Rp 32.500.000. 

"Kejadian ini bisa menjadi perhatian kita semua. Kami harap, masyarakat bisa lebih waspada, sebelum meninggalkan rumah bisa mengecek kembali kondisi dalam rumah, sehingga kejadian seperti ini, tidak kembali terjadi," pungkas Supriyadi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: