PENGUMUMAN RESMI : Pendaftaran Bacaleg DPRD Banyumas Mulai Dibuka

PENGUMUMAN RESMI : Pendaftaran Bacaleg DPRD Banyumas Mulai Dibuka

Pendaftaran Bacaleg DPRD Banyumas Mulai Dibuka-Foto Dok Radar Banyumas -

PURWOKERTO - KPU Banyumas siap terima pendaftaran Bacaleg DPRD Banyumas. pendaftaran dibuka mulai 1 Mei hingga 14 Mei nanti. Ya, kini pendaftaran Bacaleg DPRD Banyumas mulai dibuka secara resmi. 

Anggota KPU Banyumas, Hanan Wiyoko mengatakan, pengajuan Pendaftaran Bacaleg DPRD Banyumas yang Mulai Dibuka dilakukan oleh Parpol peserta pemilu 2024. 

"Mulai hari ini kami membuka layanan helpdesk pencalonan. Silakan dimanfaatkan bagi parpol yang ingin konsultasi maupun menyerahkan berkas pengajuan," kata Hanan, Senin (1/5).

Ia menambahkan, tiap bacaleg harus melengkapi berkas administrasi pendaftaran seperti yang diatur pada Pasal 12 - 23 PKPU 10 Tahun 2023. "Kami sudah berkordinasi dengan dinas terkait untuk memfasilitasi pengurusan syarat administrasi," ujar dia. 

Pendaftaran Bacaleg DPRD Banyumas Mulai Dibuka 1 Mei 

Nantinya, dokumen persyaratan administrasi tersebut diupload melalui aplikasi Sistem Pencalonan (Silon) KPU RI. Berkas diupload oleh admin masing-masing parpol. 

Setelah itu, baru dilakukan penyerahan surat pengajuan bakal calon dan daftar bakal calon hingga 14 Mei 2023 pukul 23.59 wib. Pihaknya menghimbau agar upload dan daftar dilakukan lebih awal. 

Sementara itu, Kordiv Pencegahan Bawaslu Yon Daryono SSos MSos mengatakan ada beberapa hal yang menjadi pengawasannya. Seperti soal potensi pemalsuan dokumen. 

"Selain itu, bakal calon anggota legislatif yang pernah menjadi terpidana dengan ancaman hukuman, itu juga harus menyampaikan kepada publik," ujar dia. 

Lalu, tak lepas juga soal potensi sengketa. Kerawanan yang lain adalah karena saat ini Pendaftaran Bacaleg DPRD Banyumas yang sudah Mulai Dibuka menggunakan aplikasi Silon. 

"Maka karena ini se-Indonesia, maka ada kemungkinan juga server down. Ini perlu dilakukan antisipasi. Soal ini, sedang saya susun draf nya untuk himbauan terkait hal tersebut," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: