Harga Cabai Rawit Hijau di Purbalingga "Terjun Bebas"

Harga Cabai Rawit Hijau di Purbalingga

Penjual komoditas cabai di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO ID - Harga komoditas cabai di Kabupaten Purbalingga "terjun bebas", pascalebaran Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023. 

Hal itu didasari dari data pantauan harga komoditas sembako yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga, Kamis, 27 April 2023.

Fungsional Dinperindag Kabupaten Purbalingga Martha Dwi Budiati mengatakan, harga komoditas cabai yang harganya turun drastis adalah cabai rawit hijau.

Cabai rawit hijau mengalami penurunan harga mencapai Rp 17 ribu per kilogram. Saat ini, hanya dijual Rp 23 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harga jual mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

"Harga cabai terjun. Karena pasokan untuk luar kota belum tersalurkan. Sehingga, petani hanya bisa melakukan penjualan untuk lokalan," katanya kepada Radarmas, Kamis, 27 April 2023.

Kondisi itu menjadikan stok cabai di pasaran lokal Purbalingga berlebih. Hal itu tidak diikuti oleh naiknya permintaan dari konsumen. Sehingga, harga "terjun bebas".

Harga komoditas cabai lainnya juga mengalami penurunan. Seperti cabai merah biasa atau teroping yang turun Rp 2.500 per kilogram. Saat ini, harga jual hanya Rp 17.500 per kilogram, sebelumnya dijual Rp 20 ribu per kilogram.

Cabai merah keriting juga mengalami penurunan harga Rp 4 ribu per kilogram. Komoditas ini dijual dengan harga Rp 17.500 per kilogram. Sedangkan, sebelumnya dijual Rp 21.500 per kilogram.

Harga cabai rawit merah juga mengalami penurunan harga Rp 4 ribu per kilogram. Saat ini, dijual Rp 17.500 per kilogram. Sedangkan, harga jual sebelumnya Rp 21.500 per kilogram.

Harga komoditas di luar cabai yang mengalami penurunan harga adalah bawang putih kating. Yakiu, turun Rp 1.000 per kilogram. 

Sebelumnya dijual Rp42 ribu per kilogram. Namun, saat ini dijual Rp 41 ribu per kilogram. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: