Meriahkan Hardiknas, 240 Siswa-Siswi SMP N Lumbir Bakal Ngebeg Bareng

Meriahkan Hardiknas, 240 Siswa-Siswi SMP N Lumbir Bakal Ngebeg Bareng

LATIHAN-Sebanyak 240 siswa-siswi SMP N Lumbir berlatih sebelum nanti mentas 2 Mei 2023 di Alun-alun Purwokerto - Humas untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS  - Ada yang berbeda dalam perayaan Hari Pendidikan Nasional, tingkat Kabupaten Banyumas 2 Mei nanti. Perayaan Hari Pendidikan bakal dimeriahkan dengan Ngebeg Bareng, pesertanya ada sebanyak 240 siswa-siswi SMP N 1 Lumbir. 

Kepala sekolah SMP Negeri 1 Lumbir Sutomo, S.Pd M.Pd mengatakan, peserta yang akan menari kuda lumping bersama-sama adalah siswa-siswi kelas VII. Nantinya akan pentas di Alun-alun Purwokerto.  

"Mengapa dipilih ebeg, karena Ebeg sendiri adalah salah satu kesenian tradisional peninggalan leluhur yang ada di Banyumas yang sudah mulai  tersisihkan oleh kebudayaan modern. Sehingga ia memasukan dalam muatan lokal agar seni tradisional Ebeg Banyumas tetap dicintai oleh generasi sekarang," kata dia. 

Sutomo menuturkan, kesenian Ebeg Banyumasan menjadi salah satu materi pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SMP N 1 Lumbir. 

BACA JUGA:53 Pelajar SMA di Banyumas Belajar Tradisi Jemparingan, Jadi Sarana Latihan Mengontrol Emosi

"Ini merupakan salah satu inovasi dalam kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas," kata dia. (aam)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: