Arus Balik Lebaran di Perlintasan Sampang Mulai Meningkat

Arus Balik Lebaran di Perlintasan Sampang Mulai Meningkat

Kondisi arus balik di perlintasan Sampang, Selasa 25 April 2023-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Arus balik Lebaran di pertigaan Sampang, Kabupaten CILACAP, mengalami peningkatan hingga 50 persen pada hari Selasa 25 April 2023 siang. 

Kepala Pospam Sampang Ipda Adim Haryoko mengatakan, lonjakan tersebut mulai terjadi sejak Minggu 23 April 2023, malam hari, sebanyak 45 persen. 

Dengan adanya peningkatan tersebut pihaknya pun melakukan rekayasa lalu lintas dengan memasang tolo-tolo untuk pembatas jalan, dari SPBU Sampang hingga pertigaan Sampang.

"Hal itu kita usahakan agar arah arus lalu lintas dari arah Jogja menuju Jakarta dapat dipercepat, demikian sebaliknya. Agar tidak ada kemacetan di arah simpang Sampang ini," katanya.

Menurutnya, perlintasan Sampang merupakan area vital. Sehingga pihaknya harus mengelola arus lali lintas dengan ekstra. 

"Karena di Sampang ini merupakan  perlintasan dari Jogja ke Bandung, Bandung ke Jogja, dan Banyumas mengarah ke Cilacap. Jadi sangat crowded sekali, kalau tidak dikelola dengan ekstra," katanya.

Hingga saat ini, lanjut Ipda Adim, arus lalu lintas masih didominasi oleh kendaraan pribadi, dengan plat B, AD, E dan T. "Untuk volume kendaraan banyak dari arah Jogja - Jakarta. Untuk arah Jakarta - Jogja sudah menurun dari dua hari lalu," kata dia.

Dikatakan Ipda Adim, pihaknya pun masih menuai sejumlah kendala dalam melakukan rekayasa lalu lintas tersebut. Pasalnya masih banyaknya pengendara yang tidak tertib seperti tidak menggunakan helm, dan ragu-ragu dalam menerima arahan petugas.

"Untuk sarana prasarana terdukung semua tidak ada kendala. Kendalanya di masyarakat, karena sampai saat ini masih ditemukan pengendara yang tidak menggunakan helm. Dan masih ragu-ragu menerima  arahan oleh petugas. Sehingga petugas harus lebih tegas memberikan peringatan bagi pengguna kendaraan tersebut," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: