Tips Mudik Pakai Motor,

Tips Mudik Pakai Motor,

ilustrasi mudik motor--

RADAR BANYUMAS - Bagi sebagian orang, mudik adalah tradisi yang harus dijalani setiap tahunnya untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Selain menggunakan kendaraan pribadi, banyak orang yang memilih untuk mudik menggunakan motor. 

 

Pada dasarnya pemerintah menghimbau agar pemudik lebih baik menggunakan kendaraan umum. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan pemudik terpaksa menggunakan motor sebagai sebagai sarana transportasi mudik. Salah satunya adalah kehabisan tiket mudik lebaran.

 

Perjalanan jarak jauh menggunakan motor memiliki risiko yang sangat berbahaya dan perlu diperhatikan. Berikut adalah hal minimal yang perlu disiapkan para pemudik yang  terpaksa menggunakan motor.

 

Kesiapan Fisik dan Mental

Perjalanan jarak jauh menggunakan motor membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang baik. Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan bugar untuk mengendarai motor dalam jarak yang cukup jauh. Jangan mengemudi saat lelah atau mengantuk.

 

Perhatikan Kapasitas Motor

Mudik menggunakan motor biasanya membawa barang bawaan yang cukup banyak. Pastikan barang bawaan terpasang dengan baik dan aman pada motor agar tidak mengganggu keseimbangan saat berkendara. Jangan membawa barang yang berlebihan atau melebihi kapasitas motor.

 

Jangan Membawa Penumpang yang Terlalu Banyak

Mudik menggunakan motor biasanya melibatkan anggota keluarga dan kerabat. Namun, jangan membawa penumpang yang terlalu banyak atau melebihi kapasitas motor. Selain melanggar aturan lalu lintas, membawa penumpang yang terlalu banyak juga dapat mengganggu keseimbangan saat berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: