Libur Lebaran, Pertamina Siagakan Tambahan Pasokan Elpiji 3 Kilogram Sebanyak 28.521 Tabung

Libur Lebaran, Pertamina Siagakan Tambahan Pasokan Elpiji 3 Kilogram Sebanyak 28.521 Tabung

Deretan elpiji 3 kilogram di salah satu gudang agen yang ada di Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pertamina menyiapkan tambahan pasokan gas elpiji 3 kilogram, untuk menyambut momen libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Alokasi tambahan tersebut disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan

Koordinator Elpiji 3 Kilogram Kabupaten Purbalingga DPC Hiswana Migas Banyumas Hendi mengatakan, Pertamina menyiagakan tambahan stok sebanyak 4 persen dari alokasi bulan April 2023.

"Alokasi tambahan tersebut disiapkan untuk mengantisipasi meningkatnya tingkat konsumsi elpiji 3 kilogram, saat libur Lebaran (Idul Fitri 1444 H, red)," katanya kepada Radarmas, Jumat, 14 April 2023.

Dia menjelaskan, tambahan pasokan yang disiagakan berjumlah 28.521 tabung. Sedangkan, jumlah alokasi reguler pada bulan April ini adalah 713.025 tabung.

Meski ada tembahan pasokan, dia mengklaim di Kabupaten Purbalingga penyaluran elpiji 3 kilogram lancar dan aman. "Tidak ada kendala," tandasnya.

Tambahan pasokan tersebut disiagakan oleh Pertamina, karena diprediksi akan ada lonjakan permintaan saat libur cuti bersama Lebaran. 

"Akan banyak pemudik yang datang. Sehingga, konsumsi diperkirakan akan naik. Yakni, diperkirakan tingkat konsumsi akan naik 3 hingga 4 persen," lanjutnya.

Dia mengungkapkan, selama libur Lebaran Pertamina akan membuka 206 pangkalan siaga di Purbalingga yang tersebar di 18 kecamatan. "Pangkalan siaga buka mulai  H- 10 hingga H + 10 Lebaran," imbuhnya.

Ditambahkan, di Purbalingga ada 19 agen elpiji 3 kilogram dan 1.949 pangkalan. "Minimal setiap desa minimal 2 pangkalan elpiji 3 kilogram. Jadi masyarakat tidak akan kesulitan mencari elpiji 3 kilogram," tambahnya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: