Mustajabnya Doa Saat Ramadhan

Mustajabnya Doa Saat Ramadhan

--

H. Muhammad Asdi Nurkholis, Lc., M.Pd, Direktur D2 Bahasa Arab Ma'had Al Imam Malik UMP

SANGAT menarik ketika membaca ayat-ayat tentang Puasa Ramadhan di surat Al-Baqarah ayat 183-187.

Di ayat yang ke 186nya Allah ta'ala mengabarkan keajaiban doa, dimana sebelum dan sesudahnya adalah ayat-ayat berkaitan dengan hukum puasa.

 وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

"Apabila hamba-Ku bertanya kepada mu (wahai Muhammad) tentang-Ku, Maka Aku dekat, Aku akan mengabulkan doanya orang yang berdoa ketika dia memohon, maka hendaklah mereka menerima -perintah- dan mengimani-Ku agar mereka mendapatkan petunjuk" (Al-Baqarah 186)

Ada beberapa hikmah yang dapat kita petik dari ayat tersebut:

Pertama; Allah berfirman: (Ibaadi), maka yang dimaksud hamba-Ku yang dinisbatkan kepada Lafdzul Jalalah adalah hamba dari orang-orang yang beriman, karena erat kaitannya dengan seruan wajibnya puasa bagi orang-orang yang beriman, bukan untuk orang kafir maupun orang munafik.

Kedua; Allah berfirman (Fa Inni qariib), Allah langsung memberikan jawaban; bahwa Allah sangat dekat dengan hamba-Nya. Makna dekat pada ayat ini adalah Allah dekat dengan kesempurnaan ilmu-Nya terhadap semua makhluk-Nya; dekat kepada hamba-Nya untuk mengabulkan doanya, menolong dan memberikan taufik.

Ketiga; Allah akan mengabulkan doa orang yang berdoa, lebih-lebih di bulan Ramadhan dengan ibadah puasa yang kita kerjakan.

Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam pernah menyampaikan orang-orang yang tidak tertolak doanya, diantara mereka:

"Doanya orang yang berpuasa ketika hendak berbuka" (HR. At-Tirmidzi 2526).

Keempat; untuk terkabulkannya doa kita, haruslah mengikuti petunjuk dan bimbingan Allah, dengan; kekhusyukan, bersihnya hati, meminimalisir dosa, serta tidak memakan harta haram.

Semoga Ramadhan ini menjadi momentum semua doa dan permohonan kita diterima Allah ta'ala. (")

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: