Libur Cuti Bersama Maju Satu Hari, Kunjungan Wisata Saat Libur Lebaran Diprediksi Terdampak

Libur Cuti Bersama Maju Satu Hari, Kunjungan Wisata Saat Libur Lebaran Diprediksi Terdampak

Wisata jeep di desa wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 maju satu hari. Hal itu, kemungkinan berdampak pada jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata, pada libur lebaran tahun ini.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga Ir Prayitno kepada Radarmas, Minggu, 9 April 2023.

"Struktur hari libur cuti bersamanya maju sebelum lebara. Jadi liburan di tempat wisata hanya 3 hari paska lebaran," ungkapnya.

Menurutnya, struktur hari libur cuti bersama lebaran itu, akan berpengaruh pada jumlah kunjungan wisata pada libur lebaran. Sebab, waktu berlibur ke tempat wisata menjadi berkurang. 

Wisatawan tidak akan memilih berwisata sebelum hari raya Idul Fitri, karena banyak masyarakat yang masih dalam posisi berpuasa Ramadan.

Waktu yang bakal dipakai wisatawan untuk berwisata biasanya adalah setelah hari raya Idul Fitri atau lebaran.

"Tahun tahun sebelumnya, libur pasca lebaran yang lebih lama mendongkrak kunjungan wisatawan," ujarnya.

Saat ini, pihaknya masih menunggu target kunjungan wisata dari masing-masing pengelola destinasi wisata atau desa wisata

Nantinya, target kunjungan wisata dari masing-masing pengelola destinasi wisata atau desa wisata akan dijadikan target kunjungan wisata di Purbalingga, saat libur lebaran. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: