Segalanya tentang Niat

Segalanya tentang Niat

--

oleh Roudhoh K Zuhro SP, Alumni Magang Fakultas Pertanian dan Perikanan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

RAMADHAN telah datang berbungah hati, menyaksikan ummat muslim yang menantinya sepenuh hati. Memasuki pekan pertama Ramadhan, tentulah banyak persiapan yang dilakukan umat muslim. Mulai dari persiapan bekal kebutuhan rumah tangga, kesiapan lahiriah, beserta siap siagaan ruhiyah. Dari banyaknya persiapan dalam menyambut Ramadhan, patutnyalah bagian ruhiyah kita yang perlu banyak persiapan. Salah satu yang terpenting darinya ialah perihal niat. 

Tertulis dalam Hadits Al-Arbain An-Nawawiyyah pada nomor pertama, diriwayatkan dari Amirul Mukminin, Abu Hafsh ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Barang siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Dan barang siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 1 dan Muslim, no. 1907]

Hadits diatas menyebutkan jika setiap amalan yang kita kerjakan akan bergantung dengan niat kita. Dalam sholat, puasa, zakat, ataupun ibadah yang lainnya, pasti kita niatkan. Dan dari niat ibadah-ibadah tersebut berakhiran lillahita’ala. Betapa kuasanya Allah SWT yang memasangkan Hadits Arbain nomor 1 dengan segala niat ibadah kita. 

Dan seperti yang kita ketahui bersama jika niat itu terdapat pada hati masing-masing manusia. Takkan pernah ada yang mengetahui, selain Allah SWT. Seperti yang Ia tuliskan dalam Qs. Ali Imran ayat 29 yang berbunyi “Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam ahtimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui” Maka dari itu marilah kita niatkan kembali untuk meraih ridho-Nya dalam bulan yang penuh keberkahan. 

Ramadhan masih disini, marilah kita perbaiki hati. Selamat menuai pahala dalam setiap kemuliaannya. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: