Kejadian Bencana Januari - Maret Banyumas Meningkat

Kejadian Bencana Januari - Maret Banyumas Meningkat

Kondisi rumah warga yang terancam akibat tebing sungai pelus yang kembali longsor Senin (20/3) sore kemarin. Foto BPBD untuk Radarmas--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID- Sejak Januari hingga pertengahan bulan Maret tahun 2023, kejadian bencana di Kabupaten Banyumas mengalami peningkatan. 

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas tercatat telah terjadi 53 kejadian tanah longsor, 37 cuaca esktrem atau angin kencang, 3 pergerakan tanah, dan 1 kejadian banjir dari awal Januari hingga saat ini. 

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan, jika meningkatkanya kejadian bencana tahun ini dikarenakan masih sering terjadinya cuaca ekstrem atau hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Banyumas. 

BACA JUGA:Masuk Bulan Ramadan, 6 Pasangan Tidak Sah Malah Mesra-Mesaraan Dalam Kamar Kos di Cilacap

"Kan memang yang namanya perubahan iklim itu tidak menentu, kami juga berpatokan sama BMKG untuk prakiraan cuaca, dan saat ini memang masih sering terjadi hujan intensita tinggi," katanya. 

Budi juga menjelaskan, untuk kejadian bencana di awal tahun ini memang cenderung mengalami peningkatan. 

"Cenderung meningkat, tapi tahun 2022 kemarin saja itu dibanding 2021 estimasi juga meningkat, dan kita berharap tahun ini mudah-mudahan tidak lebih banyak dari tahun 2022 kemarin, artinya kita berharap tidak ada peningkatan lagi, atau menurunlah," paparnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: