Cilacap Darurat Butuh Rumah Singgah bagi ODGJ

Cilacap Darurat Butuh Rumah Singgah bagi ODGJ

Kepala Dinas Sosial Cilacap Arida Puji Astuti,Jumat 10 Maret 2023-ARIDA PUJI ASTUTI UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kabupaten CILACAP membutuhkan keberadaan rumah singgah bagi ODGJ, pasalnya kondisi panti pelayanan sosial milik Pemerintah Provinsi yang berada di wilayah Kecamatan Jeruklegi dan Kroya kapasitasnya sudah penuh bahkan lebih.

"Yang mengantri untuk kedua tempat tersebut masing - masing sudah lebih dari 50 orang, sementara keberadaan rumah singgah menjadi bagian dari standar pelayanan minimal (SPM) Dinas Sosial sebagai sarana rehabilitasi ODGJ," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Arida Puji Astuti, Minggu 19 Maret 2023.

Guna merealisasikan hal tersebut, menurut Arida, pihaknya sudah mengajukan usulan terhadap Pemerintah Daerah terkait pembangunan rumah singgah, ia mengusulkan anggaran sebesar 3 miliar dengan luas tanah 3000 meter persegi.

"Tapi kita sesuaikan dengan kemampuan kas daerah terlebih dahulu, poin utama rumah singgahnya dulu saja," Tegasnya.

Arida menambahkan, bangunan rumah singgah tersebut tidak hanya berupa bangsal saja, namun juga terdapat fasilitas untuk tempat berlatih, aula, kantor, dapur dan lainnya.

"Untuk lokasi kita ada beberapa alternatif seperti di Donan dan Gumilir, Intinya Dinas Sosial mengikuti saja dari pemerintah daerah ketersedian lahannya," bebernya.

Diharapkan para PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) di wilayah Kabupaten Cilacap dapat terlayani dan tertangani dengan baik. 

"Jadi pasca dari rumah sakit, rehabnya itu disini di Dinas Sosial. Dan awal mengambil dari lapangan, itu kerja bersama. Jadi bukan mutlak dari Dinsos saja, tapi ada juga Satpol PP, Dinas Kesehatan dan pemerintah desa maupun Kecamatan," pungkas Arida.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: