Hasil Kunja, Kota Jambi Bakal Adopsi Pengelolaan Sampah ala Banyumas

Hasil Kunja, Kota Jambi Bakal Adopsi Pengelolaan Sampah ala Banyumas

KUNJUNGAN KERJA : Bupati Banyumas saat menerima kunjungan kerja Pemkot Jambi, Kamis (16/3) di Joko Kahiman Komplek Pendopo Si Panji Purwokerto. (FOTO : Mahdi/ Radar Banyumas)--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kota Jambi melakukan kunjungan kerja di Banyumas, Kamis (16/3) di Joko Kahiman Komplek Pendopo Si Panji Purwokerto. Mereka belajar melakukan pengelolaan sampah ala Banyumas 

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka mempelajari pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Kabupaten Banyumas, yang dinilai telah berhasil. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi Dr Ardi, SP, MSi bakal menerapkan sistem zero waste terkait pengelolan sampah di wilayah Kota Jambi. 

"Kami dari Pemerintah Kota Jambi ingin melihat langsung pengelolaan sampah di Banyumas dengan menerapkan sistem zero waste. Pak Bupati Husein sudah menjelaskan secara jelas sehingga nantinya dapat kami adopsi untuk diterapkan," kata dia. 

BACA JUGA:Banyumas Kembali Jadi Percontohan Pengelolaan Sampah Daerah Lain

Ardi juga mencermati terkait dengan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah. 

Termasuk mengubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah, mendorong gerakan memilah sampah mulai dari sumber sampah, dan mewujudkan pengelolaan sampah secara Zero Waste.

"Banyumas lebih dulu menerapkan pengelolaan sampah secara Zero Waste, sehingga kami kesini," tandasnya. 

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menerima langsung kunjungan itu menjelaskan penanganan sampah di Kabupaten Banyumas yang menerapkan sistem zero waste. 

Husein menyebut bahwa persoalan sampah di sebuah kota pasti akan selalu ada.

Oleh karena itu selalu butuh inovasi terus menerus yang terud dikembangkan guna mengatasi persoalan sampah itu.

Ia mengatakan saat ini pengelolaan sampah di Banyumas dinilai baik karena ada Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang tersebar di berbagai tempat. 

Di Kabupaten Banyumas juga ada Tempat Pembuangan Akhir Berbasil Lingkungan dan Edukasi TPA BLE

"Itu semua melibatkan peran berbagai pihak. Termasuk peran kelompok masyarakat," kata Husein. (mhd) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: