Berencana Mudik Tahun Ini? Ini Dia Peraturan Mudik Dengan Pesawat Terbaru 2023

Berencana Mudik Tahun Ini? Ini Dia Peraturan Mudik Dengan Pesawat Terbaru 2023

--

 

Radar Banyumas - Pesawat terbang adalah salah satu moda transportasi yang sering menjadi pilihan mudik seseorang. Walau harus merogoh kocek sedikit lebih dalam, tetap saja pesawat menjadi moda transportasi favorit sebab pesawat mampu mengangkut seseorang ke berbagai wilayah yang jauh hanya dalam waktu yang singkat. Selain itu bepergian menggunakan pesawat tak akan membuat Anda mengalami kelelahan berlebih.

 

Sebenarnya tiket mudik dengan pesawat terbang tak akan terlalu mahal apabila Anda memilih memesan tiket pesawat suatu maskapai jauh – jauh hari sebelum hari keberangkatan Anda, misalnya dengan memesan tiket Air Asia jauh – jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan.

 

Selain mempersiapkan pemesanan tiket dari jauh – jauh hari, hal lain yang perlu Anda persiapkan sebelum mudik adalah mengetahui regulasi mudik baru. Sehingga Anda tak akan kesulitan saat melakukan persiapan mudik.

 

Ketentuan Mudik dengan Pesawat Terbang Terbaru 2023

 

Fenomena mudik merupakan fenomena yang sudah berlangsung setiap tahunnya. Karena itu lah setiap tahunnya pemerintah selalu membuat regulasi mudik yang baru untuk mengamankan kegiatan mudik tersebut. Apa lagi setelah fenomena Covid 19 lalu, setiap tahun, regulasi mudik juga menjadi semakin ketat dan memperhatikan bidang kesehatan pemudik.

 

Bila Anda memutuskan untuk mudik dengan menggunakan pesawat terbang di tahun 2023 ini. Maka Anda harus mengikuti regulasi mudik 2023 terbaru ini.

 

  1. Pastikan Membawa Dokumen Perjalanan yang Lengkap

 

Syarat mudik pertama di tahun 2023 ini adalah surat dokumen perjalanan mudik Anda. Surat – surat ini lah yang akan memastikan bahwa Anda benar – benar penumpang sebuah maskapai pesawat terbang.

 

Dokumen perjalanan yang dimaksud adalah tiket pesawat terbang yang Anda dapatkan saat membeli tiket secara offline maupun secara online. Tiket ini harus Anda bawa karena berisikan informasi perjalanan Anda secara lengkap dan detail

 

Hal lain berupa dokumen perjalanan yang harus Anda bawa adalah tanda pengenal atau KTP Anda. KTP biasa digunakan oleh beberapa maskapai untuk memverifikasi identitas Anda sebelum Anda menaiki sebuah pesawat terbang.

 

Jika Anda akan mudik ke luar negri, maka hal lain yang harus Anda persiapkan pula adalah visa dan passport Anda. Jadi pastikan Anda membawa barang – barang ini saat mudik lebaran.

 

  1. Bagi yang Sudah Berusia 18 Tahun ke Atas, Pastikan Jika Anda Sudah Vaksin Booster

 

Pada mudik lebaran tahun 2023 ini, pemerintah akan terus berusaha mencegah angka Covid 19 kembali naik. Oleh sebab itu lah pemerintah mewajibkan bagi semua masyarakat yang berusia 18 tahun untuk mendapatkan vaksin booster sebelum melakukan mudik ke kampung halaman masing – masing.

 

Syarat vaksinasi booster ini akan dimintai dan dicek langsung oleh petugas bandara melalui aplikasi Peduli Lindungi. Oleh sebab itu Anda juga harus mengunduh aplikasi Peduli Lindungi sebelum Anda mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: