Masih Ada Delapan Sapi di Cilacap Yang Terjangkit PMK

Masih Ada Delapan Sapi di Cilacap Yang Terjangkit PMK

Petugas sedang melakukan vaksinasi ke hewan ternak sapi-DISPERTAN CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi masih terus dilakukan. Pasalnya hingga saat ini masih ada delapan hewan ternak sapi yang terjangkit virus ini. 

"Saat ini ada delapan yang masih positif PMK. Empat di Kecamatan Kesugihan, dua di Kecamatan Kroya dan dua lagi di Kecamatan Binangun," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Slamet Sugiono, Selasa 7 Maret 2023.

Dikatakan Slamet, pihaknya pun saat ini masih gencar melakukan vaksinasi pada hewan ternak sapi, kambing dan domba. Hingga saat ini, sudah ada 35.237 dosis vaksin PMK yang disuntikan.

"Hingga kemarin sudah ada 26.674 dosis vaksin untuk dosis pertama. Kemudian 8.256 dosis ke dua. Dan 307 dosis ketiga. Sampai saat ini sedang berjalan vaksin dosis ke dua ke tiga. Kemungkinan ada ternak baru yang belum divaksin," kata dia.

Menurut Slamet, penyakit ini PMK ini tidak ditularkan ke manusia atau bukan penyakit zoonosis. Sehingga yang menjadi fokusnya saat ini, adalah menekan penyebaran virus dari hewan ke hewan maupun manusia menjadi perantara atau penyebar kepada hewan yang peka.

"Bisa jadi virus tersebar di alat transportasi atau di pasar.  Populasi ternak kita hanya 15 ribu ternak. Dan capaian vaksinasi di Kabupaten Cilacap sudah 80 persen sapi yang sudah ter vaksin," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: