Dua Napiter Ucapkan Ikrar Setia Terhadap NKRI

Dua Napiter Ucapkan Ikrar Setia Terhadap NKRI

Pembacaan Ikrar Sumpah Setia Kepada NKRI Oleh Napiter-ALI IBRAHIM/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak dua orang warga binaan pemasyarakatan(WBP) tindak terorisme Lembaga Permasyarakatan menjalani ikrar kesetiaan terhadap NKRI, Selasa 7 Maret 2023. Ikrar diucapkan di bawah naungan Kitab Suci Al Quran. 

Kegiatan ini bertempat di Bertempat di aula Lapas Kelas IIA Purwokerto disaksikan oleh Densus 88, Pas intel Kodim, Polresta Banyumas, serta Rohaniawan. WBP dengan inisial A dan H mengikrarkan sumpah setianya kepada NKRI.

"Ini merupakan awal dari sebuah perjalanan, diharapkan untuk dapat lebih banyak belajar dan menerima berbagai hal yang dapat dijadikan bekal untuk menjadi warga negara yang baik ketika kembali ke masyarakat," ujar Kalapas Kelas II A Purwokerto, Bayu Irsahara, AMD.IP, SH, MH.

Lembaga permasyarakatan merupakan sebuah sub unit peradilan hukum yang berwenang untuk melakukan pembinaan bagi narapidana agar mengalami perubahan perilaku, menyadari kesalahan dan memperbaiki diri.

"Disini tempat pembinaan untuk perbaiki diri agar diterima di masyarakat," ujar dia lebih lanjut.

Terselenggaranya ikrar setia NKRI ini tidak terlepas dari banyaknya upaya - upaya pembinaan yang dilakukan oleh pihak lapas sendiri, dan stakeholder eksternal.

"Ikrar ini menjadi tanda salah satu keberhasilan perubahan perilaku yang diukur tidak hanya dari segi penilaian Assesment tetapi juga realitas nyata tingkah laku dan kepatuhan warga binaan," pungkas Kalapas.

Salah satu napiter, A mengatakan sudah menjalani hukuman selama dua tahun. "saya dulu ikutnya kelompok JAD, tapis ekarang sudah mantap betul dengan NKRI," katanya saat ditanya Radarmas. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: