Pemeriksaan Berkala Bakal Dilakukan Pada Jembatan Kali Pelus

Pemeriksaan Berkala Bakal Dilakukan Pada Jembatan Kali Pelus

Pengguna transportasi roda dua melintasi jembatan Sungai Pelus jalan Senopati, Purwokerto (2/3/2023). Besok, sabtu (5/3/2023) jembatan tersebut akan dibuka bagi kendaraan roda empat. (FOTO : DImas Prabowo/Radar Banyumas)-Dimas Prabowo-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas, bakal melakukan pemeriksaan berkala terhadap keadaan pilar Jembatan Kali Pelus Arcawinangun.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Kresnawan Wahyu Kristoyo melalui Kabid SDA dan Irigasi Heri Jatmiko mengatakan scouring pada bawah pilar jembatan Kali Pelus telah di perbaiki. Namun demikian memerlukan pemeriksaan berkala. 

"Perlu pemeriksaan berkala terhadap keadaan pilar, apakah terjadi gerusan baru atau tidak. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu pemeriksaan berkala terhadap lendutan yang terjadi jika jembatan sudah dibuka untuk umum untuk menghindari keruntuhan jembatan," kata dia.

Ia menuturkan, pemeriksaan berkala juga dilakukan pada bangunan bawah jembatan.

"Secara paralel setelah pembukaan tersebut, tetap dilakukan penyelesaian pekerjaan tersisa, sehingga diharapkan kepada pemakai jalan  untuk tetap hati-hati terhadap aktivitas konstruksi di lokasi tersebut," ujarnya. 

Lanjut, pemeriksaan berkala dilakukan setiap satu bulan sekali. Sebelumnya,  pihaknya sudah melakukan uji beban terhadap Jembatan Kali Pelus.

Dari hasil uji beban ini mulai besok, Sabtu (4/3/2023) sudah bisa dilalui kendaraan roda empat. Hanya saja beban maksimum untuk kendaraan melintas adalah 8 ton.

Kebijakan membuka jembatan ini mendasari rekomendasi yang telah keluar dari Tim Ahli Teknik Sipil Unsoed tentang Rekomendasi Hasil Kajian Teknis Kelayakan Jembatan Kali Pelus.

Sebagai jembatan kelas tiga, jembatan Kali Pelus hanya bisa dilalui beban 8 ton

Terkait dengan pekerjaan perbaikan, hingga kemarin penanganan jembatan mencapai sekitar 90 persen, ditargetkan pekan depan pekerjaan perbaikan sudah kelar (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: