Dinpertan KP Banyumas Siapkan Program Untuk Para Petani Muda

Dinpertan KP Banyumas Siapkan Program Untuk Para Petani Muda

Penyuluh pertanian BBP Kecamatan Banyumas sedang melakukan pengamatan demplot tanaman sorgum, Jum'at (27/1). -Fijri/Radarmas---

PURWOKERTO - Regenerasi petani masih minik, Dinpertan KP Banyumas menyiapkan beragam upaya. Ini agar para pemuda mau untuk terjun ke dunia pertanian

 

Salah satunya adalah tawaran untuk bertani hidroponik. Selain lebih modern, Dinpertan KP juga mendukung dengan menyiapkan subsidi pupuk. 

 

Kepala Dinpertan KP Kabupaten Banyumas, Jaka Budi S mengatakan telah disiapkan pupuk anorganik bersubsidi dari Kementrian Pertanian sehingga sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.

 

Sebab, jika tidak dimanfaatkan memungkinkan kedepan jumlah subsidinya akan dikurangi. "Kalau sampai beli pupuk anorganik tidak subsidi, harganya bisa dua kali lipat. Mahal, petani rugi, sehingga saya dorong," ujarnya. 

 

Selain upaya itu, agar peminat petani muda semakin tinggi Ia juga telah menyiapkan berbagai program yang juga datang dari Kementrian Pertanian. 

 

"Nanti anggarannya akan ke Banyumas bisa langsung pemberdayaan petani muda baik on farm atau off farm. Kita ingin fasilitas petani muda milenial dengan anggaran terbatas memfasilitasi dan meyakinkan bahwa pertanian ini tidak ada matinya," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: