Pembangunan Kota Lama Banyumas Jadi Prioritas

Pembangunan Kota Lama Banyumas Jadi Prioritas

Salah satu rumah tua yang sudah dibenahi ada di sudut jalan Pungkuran Kecamatan Banyumas (dok/27/5/2022). Revitalisasi Kota Lama Banyumas mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat. (Dimas Prabowo/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO - Mengusung konsep tiga segmen penataan Kota Lama Banyumas, perbaikan sarana dan prasarana segmen satu bakal menjadi prioritas.  

 

"Kemarin hasil diskusi, jadi di Segmen satu akan jadi dominan. Segmen dua dan tiga akan ada polesan kecil," kata Kabid Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas, Imam Wibowo.

 

Imam menuturkan, tiga segmen yang diusung meliputi pemukiman antara Klenteng - Kantor Kecamatan, lalu ada komplek kecamatan. Dan segmen ketiga yaitu kawasan Alun-alun Banyumas. 

 

"Pertama tentang perbaikan kualitas sarpras Permukiman area belakang Taman Sari sampai Klentheng. Disitu ada Jalan Pungkuran dan Mruyung. Nanti akan ada perbaikan jalan dan peningkatan. Akan dibuat drainase. Khusus Mruyung dan Pungkuran akan dibuatkan padestrian, yang dilengkapi dengan vegetasi di beberapa spot, dan akan ada lampu taman," ucapnya. 

 

Lanjut, dengan konsep yang diusung pihaknya berharap bisa menjadi daya ungkit untuk mengembangkan perekonomian masyarakat sekitar. 

 

"Kota lama yang sedang kita buat, sudah bisa memicu pertumbuhan masyarakat sekitar. Segmen satu masyarakat akan bisa punya daya saing untuk punya bangkitan ekonomi," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: