Sekarang Ambil E-KTP Bisa melalui Sistem COD, Begini Caranya

Sekarang Ambil E-KTP Bisa melalui Sistem COD, Begini Caranya

Petugas tampak sedang memandu masyarkat untuk mengisi formulir kebersediaan mengirim E-KTP melalui COD PT Pos Indonesia, Jumat 17 Februari 2023.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten CILACAP mengadakan terobosan baru dalam mendistribusikan E-KTP dengan menggandeng PT POS Indonesia.

Kepala Disdukcapil Cilacap Annisa Fabriana mengatakan program tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan dari Disdukcapil kepada masyarakat.

"Masyarakat diberikan 2 pilihan, apakah mau mengambil E -KTP secara mandiri di Kantor Dinas kami atau akan diantar kealamat masing-masing menggunakan sistem Cash On Deliveri (COD)," Katanya kepada Radarmas, Jumat 17 Februari 2023.

BACA JUGA:Pererat Silaturahmi, Kapolresta Banyumas Sambangi Tokoh Agama

Jika masyarakat menghendaki dikirim ke alamat masing-masing, menurut Annisa ada beberapa langkah yang harus dipenuhi yaitu mengisi formulir terlebih dahulu melalui petugas, dimana informasi yang harus diisi adalah alamat lengkap serta kesedian untuk dikirim melalui COD.

"Nanti ketika petugas PT POS mengantar E- KTP maka masyarakat akan dikenakan biaya Rp 10.000,00 Rupiah, jadi tidak perlu repot -repot ke Dinas lagi," tegas Annisa.

Selain itu, Annisa menambahkan saat ini Pemerintah Kabupaten Cilacap sedang mempersiapakan Indentitas Kependudukan Digital (IKD) yang sebelumnya hanya untuk ASN saja namum saat ini akan menyasar masyarakat umum.

BACA JUGA:Sopir Mengantuk, Truk Tabrak Mobil Box Fuso Dari Belakang di Lampu Merah Kalibogor

"Sebelumnya IKD ini hanya untuk ASN saja tapi untuk warga masyarakat kita sudah mulai kenalkan sejak awal tahun 2022," lanjutnya.

Saat ini, sudah sekitar 3.500 masyarkat umum yang sudah memiliki IKD, dia menarget 25% dari 1,5 Juta penduduk Kabupaten Cilacap sudah ber IKD sampai akhir tahun 2023.

"Tahun 2023 kita target 350 ribu penduduk Cilacap sudah ber IKD, kedepan secara bertahap akan kita berikan pelayanan sekaligus sosialiasasi mengenai IKD," pungkas Annisa.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: