Gelar Sertifikasi Ahli Welder Migas, Kilang Cilacap Didik Tenaga Muda Profesional Alumni SMK

Gelar Sertifikasi Ahli Welder Migas, Kilang Cilacap Didik Tenaga Muda Profesional Alumni SMK

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna pakaikan alat pelindung pengelasan kepada salah satu peserta, Senin 13 Februari 2023.-PT KPI RU IV Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID – Wujud kepedulian pada pendidikan kejuruan, Kilang Cilacap menyelenggarakan sertifikasi pengelasan bidang migas bagi 250 orang tenaga ahli pengelasan (welder).  Ratusan peserta terdiri dari tenaga ahli rekanan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap dan alumni SMK Negeri 2 Cilacap. 

Sertifikasi berlangsung di workshop SMK Negeri 2 Cilacap selama 13 hari yang resmi dibuka Senin 13 Februari 2023 dengan pendampingan dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Diketahui, PT BKI adalah satu-satunya badan klasifikasi Nasional yang ditugaskan pemerintah dalam solusi pengembangan kompetensi bidang inspeksi pengelasan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. 

Kepala SMK Negeri 2 Cilacap, Akhmad Murwanto mengaku bangga sekolahnya dipercaya sebagai tempat pelaksanaan sertifikasi.

"Ini merupakan kesempatan pertama yang diberikan PT KPI. Semoga berlanjut dan menjadi penyemangat bagi kami untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas siswa khususnya kompetensi pengelasan,” jelasnya. 

Faujan selaku instruktur teknik pengelasan SMK Negeri 2 Cilacap memastikan kesiapannya melaksanakan sertifikasi. 

“Untuk mendapatkan sertifikasi ini peserta harus menguasai teknik Shielded Metal Arc Welding (SMAW) sebagai dasar menjadi welder profesional dan teknik las kombinasi,” ucapnya. 

Sementara itu Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna dalam sambutannya berpesan agar peserta memanfaatkan kesempatan ini supaya mampu memenuhi kompetensi profesional.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) bidang pendidikan. Kami berharap kesempatan berharga ini menjadi bekal adik- adik berkompetisi di dunia kerja dan menjadi peluang bisnis di masa depan," ujarnya. 

Ditambahkan Cecep, salah satu target terdekat dari sertifikasi tenaga ahli welder ini adalah mempersiapkan tenaga-tenaga muda untuk kegiatan Turn Around (TA) Kilang Cilacap 2023.

“Bagi peserta yang lolos dan memenuhi kualifikasi, bersiap untuk terlibat langsung dalam TA Kilang Cilacap dalam waktu dekat ini,” pungkasnya.(*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: