Di Hari Kasih Sayang, 33 Pasangan di Banjarnegara Jalani Sidang Cerai

 Di Hari Kasih Sayang, 33 Pasangan di Banjarnegara Jalani Sidang Cerai

PELAYANAN : Suasana dalam kantor pelayanan Pengadilan Agama Banjarnegara. Doc Pengadilan Agama Banjarnegara--

BANJARNEGARA - 14 Februari 2023 biasanya diperingati bagi pasangan yang merayakan hari kasih sayang atau Valentine Day. Namun puluhan pasangan di Banjarnegara menjalani sidang perceraian.

Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara, Muhamad Dihan menyebut ada 33 sidang perceraian yang digelar hari ini. Gugatan perceraian ini sebagian besar diajukan oleh pihak istri.

"Ada dua ruang sidang perceraian. Untuk ruang sidang satu ada 20 persidangan perceraian. Dan ruang sidang dua ada 13 persidangan perceraian. Lebih dari 70 persen itu pihak istri yang menggugat," sebutnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/2). 

Ia mengatakan perceraian ini sebagian besar karena perselisihan antara suami-istri yang dipicu masalah ekonomi. Sebagian lagi karena salah satu pihak meninggalkan pasangannya.

"Perselisihan karena masalah ekonomi ini paling mendominasi kasus perceraian. Sisanya itu pihak suami atau istri meninggalkan pasangannya," terangnya.

BACA JUGA:Astaga, Satpol PP Banjarnegara Sudah Tertibkan 12 Kasus Mesum Selama Tahun 2022

Secara keseluruhan, kasus perceraian tahun 2023 hingga hari ini di Banjarnegara sudah sampai 328 gugatan perceraian yang diterima Pengadilan Agama Banjarnegara. Dari jumlah tersebut 224 kasus perceraian di antaranya sudah putus.

"Kalau dari awal tahun sampai hari ini tercatat ada 328 gugatan perceraian yang kami terima. Sudah ada 224 sidang perceraian yang sudah putus," kata dia.

BACA JUGA:Terus Ciptakan Pertumbuhan Baru, Aplikasi Senyum Mobile Jadi Andalan Holding UMi

Sementara untuk jumlah kasus perceraian selama tahun 2022 tercatat ada 2633 kasus perceraian. Jumlah ini sedikit menurun jika dibanding tahun 2021 yang mencapai 2692 kasus perceraian.

"Kalau dalam satu tahun, selama 2022 itu ada 2633 kasus perceraian. Sedangkan tahun 2021 ada 2692 kasus perceraian," tambahnya.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: