Antisipasi Kelangkaan Kepokmas Jelang Ramadan, Ini yang Dilakukan Pemerintah Kabupaten Cilacap

Antisipasi Kelangkaan Kepokmas Jelang Ramadan, Ini yang Dilakukan Pemerintah Kabupaten Cilacap

Pedagang di Pasar Randu Kroya sedang menjajakan dagangannya -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.ID - Jelang bulan Ramadhan, pemerintah berupaya memenuhi stok kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas). Apalagi, saat Ramadhan permintaan kepokmas akan meningkat. 

"Beras sudah kita siapkan untuk kebutuhan Ramadhan. Selain itu, kebutuhan minyak goreng, tepung terigu, gula juga sediakan. Karena biasanya di bulan puasa masyarakat sering membuat kue. Kita sudah antisipasi untuk menyiapkan stok," kata Pimpinan Bulog Cabang Banyumas, Rasiwan. 

Dikatakan Rasiwan, pihaknya pun di tahap pertama tahun 2023 ini merima beras impor dari pemerintah pusat sebanyak 2 ribu ton. Sedangkan saat ini tersisa 600 ton. 

BACA JUGA:Tahun Ini UPTD Pemakaman Harus Sudah Siap

"Untuk tahap kedua kita mengajukan 2 ribu ton lagi, sampai menyambung panen berikutnya. Kita berusaha untuk menyediakan beras yang terjangkau untuk masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Penyuluh Perindustrian Perdagangan Ahli Muda DPKUKM Cilacap, Warsun memastikan, ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadhan secara umum tersedia dan aman.

"Hanya saja memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan cabai rawit merah, cabai merah keriting, cabai merah TM, gula dan beras, namun kenaikan masih batas wajar," kata Warsun.

BACA JUGA:Lelaki ODGJ yang Bacok Ibu Kandungnya di Gumelar Ditangkap Setelah Bersembunyi di Hutan 3 Jam

Warsun mengatakan, kenaikan harga cabai tersebut disebabkan karena suplai yang sedikit berkurang. "Bukan karena momen menjelang Ramadhan, namun karena suplai yang sedikit berkurang," kata dia.

Untuk antisipasi kekurangan stok kebutuhan pokok dan memperlancar arus distribusi barang di pasar-pasar, pihaknyapun akan melakukan pemantauan dan meminta para pemasok untuk menambah volume pasokan. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: