Berada dalam Zona Merah Tsunami, Desa Sidaurip Jadi Pilot Projek Tsunami Ready Community

Berada dalam Zona Merah Tsunami, Desa Sidaurip Jadi Pilot Projek Tsunami Ready Community

Aktivitas masyarakat di pesisir selatan Cilacap beberapa waktu lalu -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun dipilih sebagai pilot projek dalam pembentukan Tsunami Ready Community atau masyarakat siaga Tsunami. Salah satu indikator dipilihnya Desa Sidaurip dikarenakan desa ini masuk dalam zona merah ancaman bencana Tsunami

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, Tsunami Ready Community merupakan program dari UNESCO. 

Kegiatan tersebut, lanjut Hery, merupakan upaya dalam meningkatkan kapasitas serta pengetahuan personil dan warga masyarakat dalam meminimalisasikan resiko yang diakibatkan bencana khususnya bencana tsunami.

BACA JUGA:Festival Kentongan di Pirwokerto Bakal Diikuti 27 Peserta Dari Kecamatan Ditambah Empat Eksibisi

"Di Jawa Tengah ini baru Desa Sidaurip yang jadi pilot projek. Sedangkan saat ini baru ada tujuh tempat yang mendapatkan pengakuan dari UNESCO, diantaranya Pangandaran, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Padang," katanya, Senin 13 Februari 2023. 

Hery mengatakan, Untuk bisa mendapat pengakuan dari dunia internasional, harus memenuhi 12 indikator, salah satunya kemampuan masyarakat dan kelengkapan desa tersebut dalam mitigasi bencana. 

Sedangkan menurutnya, 12 indikator tersebut saat ini sudah lengkap dan akan mendapatkan pendampingan dan verifikasi lapangan oleh Tim National Tsunami Ready Board (NTRB) Indonesia. 

BACA JUGA:Rute Kentongan Hari Jadi Banyumas ke-452 Start Dari Alun-alun Purwokerto

"Untuk mendapatkan pengakuan nasional nanti akan ada penilaian terlebih dahulu. Kalau lolos akan dinilai tingkat internasional. Kita target seluruh wilayah di pesisir selatan mendapatkan pengakuan Tsunami Ready Community," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: