HPN 2023, PWI Cilacap Komitmen Tangkal Hoaks

HPN 2023, PWI Cilacap Komitmen Tangkal Hoaks

Penandatanganan komitmen tangkal berita hoaks, Kamis 9 Februari 2023 -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten CILACAP berkomitmen menangkal hoaks menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. 

Ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama cegah berita hoaks pada peringatan HPN 2023 di Gedung Sumekar Komplek Pendapa Wijayakusuma Cilacap, Kamis (9/2/2023).

Ketua PWI Cilacap Gayhul Dhika Wicaksana mengatakan, Pilkada merupakan gelaran politik yang dinantikan sebagai proses demokrasi, akan tetapi dalam perjalanannya menjadi titik kulminasi kutub berbeda.

BACA JUGA:Moda Transportasi Lain Belum Perlu Untuk Bandara JBS

"Bagi kami, kalangan media berkomitmen untuk mencegah adanya friksi melalui mencegah adanya berita hoaks, yang sudah merusak sendi kebersamaan bangsa Indonesia di tahun 2019," katanya.

Kepala Diskominfo Cilacap Supriyanto mengatakan jika berita hoaks  menjadi virus yang bakal merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

"Kami berharap pers menjadi bagian dari literasi publik, agar kita betul-betul cerdas, dan kita bersama-sama berkomiten menangkal hoaks menjelang Pemilu serentak dan pers mampu memberikan informasi seimbang," katanya.

BACA JUGA:Kabupaten Purbalingga Tetap 5 Dapil, Tapi Jumlah Kursi Legislatif Bertambah

Tak hanya itu, dalam HPN 2023, PWI Cilacap juga berkomitmen mendukung program pemerintah. Salah satunya ikut membantu mengentaskan kemiskinan dengan menggandeng Baznas Cilacap dengan memberikan gerobak UMKM dan juga rehab rumah warga Cilacap.

Dua gerobak usaha diterima oleh Paino Surip, warga Jalan Kemit, Keluraham Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, dan Tasminah waega Jalan Laut, Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan.

Serta benah rumah sebesar Rp 15 juta diberikan kepada Poniman, warga Jalan Cucut Keluraham Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan.

BACA JUGA:Mendesain Model Manajemen Destinasi Berkelanjutan yang cocok diterapkan di Kawasan Pariwisata Baturraden

Wakil Ketua Baznas Cilacap Hamidan Majdi mengatakan jika sudah menjadi komitmen Baznas sebagai lembaga pemerintah ikut dalam menanggulangi kemiskinan. Tentu harus didukung banyak hal, termasuk media.

Rangkaian kegiatan HPN 2023 PWI Cilacap juga dengan menggelar tasyakuran, serta anjangsana kepada wartawan senior di Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: