Redkar Cilacap jadi percontohan Kabupaten Lain

Redkar Cilacap jadi percontohan Kabupaten Lain

petugas Redkar saat sedang mengevakuasi sarang tawon vespa di pemukiman warga, Minggu 05 Februari 2023.-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) CILACAP yang merupakan binaan  Damkar berhasil menjadi percontohan oleh oleh kabupaten lain, padahal usia pembentukannya belum genap satu tahun.

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi terkait hal itu mengatakan beberapa kabupaten terutaman kabupaten tetangga meminta cara konsep perekrutan Redkar seperti di Kabupaten Cilacap.

"Kemarin ada pelatihan pemadam dengan 4 Kabupaten tetangga, mereka menilai Redkar kita berhasil, sehingga ingin meniru," katanya, Senin 06 Februari 2023.

BACA JUGA:Tangkap Curanmor Buronan Polda, Babinsa Sumpiuh Dapat Motor dan Penghargaan

Menurutnya, pihak Damkar hanya membekali dengan pelatihan - pelatihan rutin ditambah dengan Alat Pelindung Diri (APD) serta sarana dan prasarana yang terbatas.

"Itu dikembalikan ke diri masing - masing redkar, biasanya mereka sudah memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, sehingga maksimal dalam melaksanakan tugas," tambah Supriyadi.

Untuk saat ini, pihak Damkar membekali para Redakar tersebut dengan kemampuan dasar pemadamaka api, baik dengan menggunakan APAR atau pemadaman menggunakan armada secara beregu.

BACA JUGA:Budaya Literasi Siswa Belum Optimal, Ini Upaya Dinarpus Purbalingga

"Minimimal mereka paham dasarnya dulu, sehingga tidak asal melakukan pemadaman, kemudian mereka mampu melokalisir tempat kebakaran agar tidak meluas sembari menunggu bantuan datang, itu point utamanya," beber Supriyadi.

Saat ini, Ketua Redkar Cilacap sudah melakukan komunikasi dengan beberapa Kabupaten tetangga untuk memberikan informasi terkait proses perekrutan dan lain- lain.

BACA JUGA:Relokasi Pasar Hewan Ajibarang Belum Terealisasi

"Redkar harus terdaftar di Kemendagri, setelah itu baru kita berikan SK penugasan," tutup Supriyadi.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: