Cilacap Boyong Sembilan Emas dalam Kejurprov Selam Jawa Tengah 2023

 Cilacap Boyong Sembilan Emas dalam Kejurprov Selam Jawa Tengah 2023

Atlet selam Cilacap berdiri diatas podium juara I, Minggu 29 Januari 2023.-IQBAL UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kabar membanggakan datang dari atlet selam Kabupaten CILACAP. Pasalnya, dalam Kejuaraan Provinsi Selam Jawa Tengah 2023, CILACAP mampu memboyong sembilan medali emas, tujuh medali perak dan dua medali perunggu. 

Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Cilacap, mengirimkan sembilan atlet unggulannya dalam kejuaraan yang diadakan di Kabupaten Magelang, Jumat 27 Januari hingga Minggu 29 Januari 2023 kemarin. 

PeIatih Selam POSSI Cilacap, Iqbal Murid mengatakan, kejuaraan ini, juga merupakan persiapan untuk Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, yang berdekatan dengan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Kota Purbalingga Butuh Jalur Khusus Sepeda, Begini Penjelasannya

"Hasilnya nanti akan diambil limit terbaik, kemudian yang bisa lolos akan mengikuti seleksi daerah. Meski belum jelas, namun berdasarkan perkiraan diatas kertas ada tiga atlet selam Cilacap dengan nomor kolam dan tiga atlet nomor laut yang diikutkan," kata Iqbal, Senin 30 Januari 2023. 

Dikatakan Iqbal, pada kejuaraan ini, untuk kategori nomor laut, Kabupaten Cilacap mendominasi juara umum. Hal ini dinilai berdasarkan hasil orientasi bawah air yang maksimal. 

"Jadi cabang olahraga selam ini ada dua kategori,  nomor laut dan nomor kolam. Untuk nomor lautnya kita yang lebih maksimal," katanya. 

BACA JUGA:Kebakaran Rumah di Desa Rawalo Ludes Terbakar, Pemilik Alami Kerugian Rp 50 Juta

Untuk persiapan selanjutnya, kata Iqbal, para atlet telah melalui berbagai program pelatihan. Namun, adanya cuaca buruk saat ini, menjadi salah satu kendala yang paling sering dihadapi.

"Untuk latihan kita satu minggu sekali, ini juga melihat kondisi cuaca. Kalau badai dan angin kita menunggu dulu, sampai cuaca benar-benar bersahabat," kata Iqbal.

Iqbal menambahkan, potensi olahraga selam di Cilacap cukup tinggi. Pasalnya KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Cilacap saat ini, sedang memprihatinkan cabang olahraga ini. 

BACA JUGA:Hidupkan Adegan, Museum Wayang Banyumas Tambah Lampu Sorot

"Potensi selam di Cilacap sangat terbuka, baik anak sekolahan maupun umum. Namun saat ini rata-rata atlet kita anak-anak sekolah, dari SMP, SMA dan mahasiswa. Olahraga ini juga termasuk sedang diprioritaskan menjadi cabang olahraga unggulan di Cilacap," imbuh Iqbal. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: