Honda

Warga Diminta Waspada Longsor Susulan, Ini Analisa Geologi Unsoed

Warga Diminta Waspada Longsor Susulan, Ini Analisa Geologi Unsoed

Polisi dari Polsek Rembang menutup akses jalan di TKP longsor, dengan garis polisi karena rawan longsor susulan-POLSEK REMBANG UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Warga, Dusun Bawahan RT 2 RW 6 Desa Gunungwuled diminta tetap waspada terhadap longsor susulan.

Data asesmen cepat dengan citra foto longsoran diperoleh catatan jenis longsor konversi debris slide ke debris flow (banjir bandang,red). Lalu material lapukan breksi dan sifat tanah plastisitas tinggi rentan karena banyak bongkahan batu.

Dosen di Fakultas Geologi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Indra Permanajati, Rabu 25 Januari 2023 menjelaskan, mitigasi yang harus dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga yakni selalu berhati-hati terhadap longsor susulan dari material yang masih menumpuk di atas. 

BACA JUGA:Penanganan Longsor Belum Diizinkan, Warga Buka Jalur Alternatif

Potensi longsor susulan akan semakin tinggi saat hujan dengan intensitas tinggi dan kurun waktu panjang.

“ Selanjutnya yang harus diwaspadai juga sumber longsor jika ada gerakan diatas atau retakan baru," tambahnya.

Kedepan, jika kondisi dinilai sudah stabil, maka material tanah longsor di jalan bisa dibersihkan. Pihaknya juga masih melakukan mitigasi soft protection dengan  menanam pohon pengikat setelah longsor stabil serta dipasang rambu setelah longsor stabil.

BACA JUGA:Berusia Puluhan Tahun, Bangunan Pasar Ajibarang Butuh Revitalisasi

Kades Gunungwuled, Nashirudin Latif mengungkapkan, jalan alternatif hasil gotong royong warga dan TNI serta unsur lainnya sudah selesai hari ini. "Lumayan bisa untuk jalur logistik dan anak sekolah," katanya. (amr)

Sumber: