Rembug Warga untuk Kota Lama Banyumas: Amankan Cagar Budaya

Rembug Warga untuk Kota Lama Banyumas: Amankan Cagar Budaya

Lengger lanang Rianto bersama penari dari Rumah Lengger Banyumas tampil pada acara Imlek di Bale Adipati Mrapat Kecamatan Banyumas, Minggu (22/1). -Fijri/Radarmas---

BANYUMAS-Paguyuban Kanca Cilik Banyumas (Kancilmas) menyelenggarakan rembug warga untuk Banyumas Kota Lama, Minggu (22/1) di Bale Adipati Mrapat Kecamatan Banyumas.

Kancilmas menginisiasi rembug warga untuk mengamankan peninggalan cagar budaya. Diantaranya bangunan Tionghoa di komplek pecinan di Jalan Pungkuran, Sudagaran.

"Kita ingin amankan rumah peninggalan di Jalan Pungkuran, kalau bisa jangan dibongkar. Kalaupun mau dibeli, diperbaiki saja, dipelihara. Jadi, Banyumas Kota Lama bisa terwujud," papar Ketua Kancilmas Budi Setiyadi.

Budi yang pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan itu juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyumas untuk mengamankan bangunan bekas Belanda di Banyumas.

"Rumah peninggalan Belanda jangan dibangun baru. Kalau mau dimiliki, direhab saja," imbuh Budi.

Selain itu, rembug warga juga menghasilkan usulan untuk penataan Alun-alun Banyumas. Supaya lebih bagus dan rapi.

Di Alun-alun Banyumas agar terdapat sentra UMKM. Sehingga, pedagang kaki lima tertata.

Acara dihadiri oleh Bupati Banyumas, Camat beserta Kapolsek dan Danramil 07 Banyumas, tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: