Terinspirasi Vietnam, Kepala DLH Banyumas Wacanakan Bentuk Polisi Sampah

Terinspirasi Vietnam, Kepala DLH Banyumas Wacanakan Bentuk Polisi Sampah

SAMPAH BERSERAKAN. Kondisi di salah satu lokasi yang dijadikan lokasi buang sampah sembarangan, di Jalan Gerilya, Tanjung. (Aam Juni Restino/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO - Pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas, berhasil dilakukan dengan mangkus. Kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya ke TPA Berbasis Lingkungan dan Edukasi (BLE) di Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Kalibagor, Banyumas beberapa waktu lalu jadi buktinya. 

 

Meski begitu, disiplin masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan masih jadi PR. Soal itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas Junaidi, punya wacana membuat polisi sampah. 

 

"Kita punya wacana akan bentuk satgas polisi sampah. Yang tugasnya mengamati dan mengawasi masyarakat yang buang sampah sembarangan," kata dia. 

 

Wacana tersebut ia katakan, terinspirasi dari Vietnam. Dan terbukti efektif dalam mendisiplinkan masyarakat. 

 

"Saya pernah ikut seminar itu di Vietnam ada polisi sampah direkrut dari Masya. Mereka ditugasi untuk berkeliling untuk memotret warganya yang tidak disiplin yang buang sampah sembarangan," ujarnya. 

 

Polisi sampah ia sebut, jadi salah satu ide agar masyarakat tidak buang sampah sembarangan. Dimana ia akui, masih sering dijumpai masyarakat yang seperti itu. 

 

"Itu di Jalan Gerilya, sudah dipasang spanduk jangan buang sampah masih saja pada buang sampah sembarangan. Nanti akan kita bahas pada Konggres sampah untuk mencari solusinya," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: