Yuk, Cari Tahu Cara Menabung Emas

Yuk, Cari Tahu Cara Menabung Emas

ILUSTRASI Menabung emas--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kebutuhan masa depan perlu dipersiapkan dari sekarang. Agar masa depan terjamin, bisa memulai dengan menabung emas. Salah satu investasi jangka panjang yang semakin banyak diminati.

Sebelumnya, kenali dulu apa itu tabungan emas. Tabungan emas merupakan cara menyimpan emas, baik dalam bentuk fisik maupun saldo seperti yang ada di Pegadaian.

BACA JUGA:Viral Pria Pamer Saldo 500 Triliun, Akhirnya Diperiksa Polisi

Adapun keuntungan dari menabung atau investasi emas, memiliki resiko minim. Disimpan dalam jangka waktu lama, akan menambah keuntungan, karena harga emas mengalami kenaikan.

Di jaman sekarang, memiliki emas lebih mudah. Pembelian emas tidak lagi harus ke toko emas. Bisa melalui Pegadaian atau e-commerce terpercaya. Bentuk investasi emas bisa berupa perhiasan, batangan, atau kepingan.

BACA JUGA:Ngeri, Tawuran Geng Motor di Banyumas Bawa Clurit di Sidabowa-Patikraja, 4 Pelaku Ditangkap

Sebelum berinvestasi emas, ada baiknya menentukan tujuan terlebih dahulu. Emas yang dikumpulkan digunakan untuk apa. Biasanya orang melakukan investasi emas untuk biaya pendidikan anak, tabungan pernikahan, tabungan melahirkan, modal bisnis, atau tabungan unuk hari tua.

Investasi emas cocok untuk jangka panjang. berkisar selama 10 sampai 15 tahun. Sebab dipengaruhi fluktuasi harga emas yang kenaikannya tidak secepat investasi lain.

BACA JUGA:Bertransformasi Jadi Bank Digital, RUPS Bank Mayora Perkenalkan Manajemen Baru

Jika diterapkan dalam jangka pendek, bepotensi mengalami kerugian. Pasalnya ada perubahan harga dan biaya pembuatan emas jika dilakukan penjualan emas perhiasan.

Jangan lupa cek harga emas terlebih dahulu di sits resmi PT Pegadaian, marketplace atau toko emas terpercaya, serta bisa juga di Butik Emas Antam. Tersedia informasi harga emas lengkap, dari setengah gram, 1 gram, 2 gram, 5 gram, sampai 100 gram.

BACA JUGA:Jadi yang Pertama di Jawa Tengah, Rumah Singgah Ditarget Rampung Tahun Ini

Tempat penyimpanan emas juga perlu diperhatikan. Bagi pemula bisa disimpan di safety box, bisa diletakkan di rumah. Namun, jika kurang yakin, bis di Safe Deposit Box (DSB) yang ditawarkan pihak bank, dengan biaya tambahan.

Untuk waktu pencairan emas, tergantung dari tujuan awal menabung atau investasi emas. Jika tujuan sudah tercapai bisa segera dicairkan. Dan jika ingin meningkatkan keuntungan, bisa dengan menyimpan emas minimal 5 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: