Loka POM Temukan Makanan Mengandung Bahan Berbahaya di Pasar Sidodadi

Loka POM Temukan Makanan Mengandung Bahan Berbahaya di Pasar Sidodadi

Loka POM Banyumas melakukan pengetesan terhadap bahan makanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya di Pasar Sidodadi Cilacap, Jumat 23 Desember 2022.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemkab CILACAP bersama Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) dan Badan Loka POM melakukan inspeksi bahan berbahaya di 3 pasar tradisional yaitu Pasar Gede, Pasar Sidodadi dan Pasar Tanjungsari pada Jumat 23 Desember 2022.

Dalam inspeksi tersebut masih ditemukan bahan makanan yang menggunakan bahan berbahaya.

Seperti pada tahu kuning dan kerupuk menggunakan pewarna tekstil.

BACA JUGA:1.380 Pelajar Ikuti Jumbara XVIII PMI Banyumas

"Kita temukan 2 jenis bahan berbahaya yaitu rhodamin B dan metanil yellow, keduanya adalah pewarna tekstil yang sangat berbahaya jika dikonsumsi," kata Rahmat Hidayat dari Loka POM Banyumas, Jumat 23 Desember 2022.

Menurutnya, pada kesempatan itu pihaknya menguji untuk 4 jenis bahan berbahaya yaitu Rhodamin B, Metanil, Formalin dan borak.

"Dari hasil pengetesan sampel beberapa bahan makanan, untuk Pasar Sidodadi tidak ditemukan bahan berbahaya formalin dan borak," ujar Rahmat.

BACA JUGA:Stok Kepokmas di Banyumas Dijamin Aman, Harga Relatif Stabil

Kemudian, hasil temuan tersebut akan dilaporkan ke PJ Bupati dan tim JKPD untuk ditindak lanjuti.

Pihak Loka POM menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap makanan yang memiliki warna mencolok.(jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: