Seniman Buncis Harapkan Pemkab Banyumas Perbanyak Event Seni

Seniman Buncis Harapkan Pemkab Banyumas Perbanyak Event Seni

Tari buncis dalam acara Peken Banyumasan di Pendopo Kecamatan Banyumas pada 29 Oktober 2022 lalu. (Sarwono untuk Radarmas)--

BANYUMAS-Desa Tanggeran Kecamatan Somagede memiliki tari tradisional buncis. Tari yang dikategorikan sebagai kesenian langka di Kabupaten Banyumas.

Di penghujung tahun 2022, Ketua Grup Ngudi Utama Tanggeran Sarwono berharap dukungan dari pemerintah terutama di tingkat kabupaten.

"Pemerintah kabupaten semakin banyak lagi menyelenggarakan event seni. Sehingga, kesenian langka tari buncis lebih dikenal," ujar Sarwono, Senin (19/12).

Ketika popularitas tari buncis meningkat. Maka diharapkan peluang untuk memperoleh panggung lebih banyak.

Menurut Sarwono pemerintah kabupaten memiliki posisi strategis untuk uri-uri kesenian langka. Sehingga, tari buncis tetap lestari.

Bahkan ketika masa pandemi corona virus tengah memuncak. Tidak menghalangi pemerintah kabupaten melalui dinas terkait untuk menggelar event walau secara virtual.

Oleh karena itu, di saat pandemi telah melandai dan kehidupan mulai kembali normal. Harapan panggung untuk pelaku seni diperbanyak lagi oleh pemerintah kabupaten.

"Pemerintah ibaratnya yang punya segalanya. Diharapkan bisa memfasilitasi kami pelaku kesenian langka," imbuh Sarwono.

Tari buncis sebagai warisan budaya bangsa yang adiluhung. Grup Ngudi Utama berupaya untuk menjaga tari buncis eksis. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: