Aplikasi IKD Diujicoba Ke ASN

Aplikasi IKD Diujicoba Ke ASN

Aplikasi Identitas Kependudukan Digital mulai diujicoba di lingkungan ASN, Jumat (16/12). (Mahdi/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Banyumas memperkenalkan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada masyarakat. Namun, sebagai permulaan, diujicobakan kepada Aparatus Sipil Negara (ASN), Jumat (16/12). 

Pranata Komputer pada Dindukcapil Anwar Haryono mengatakan, pada aplikasi Identitas Kependudukan Digital ini terdapat beberapa menu yang dapat digunakan oleh masyarakat. 

"Di bagian tengah terdapat 6 menu yaitu Data Keluarga, Dokumen, Tanda Tangan Elektronik, Pelayanan, Pemantauan Pelayanan, Histori Aktivitas, Ubah PIN/Kata Kunci, Lepas Perangkat, dan Keterangan," tuturnya. 

Menurutnya dengan aplikasi tersebut, bisa juga melihat data lain di luar Data Adminduk seperti kartu NPWP, informasi Sertifikat Vaksin, Data Kepegawaian bagi ASN dan Data Daftar Pemilih Tetap 2024.

"Kali ini kita awali untuk ASN dan secara bertahap akan diterapkan kepada Masyarakat yang menginginkan Identitas Digital di Kabupaten Banyumas sesuai dengan regulasi dan kesiapan sistem secara Nasional. Bagi masyarakat yang menginginkan bisa datang ke Dindukcapil maupun ke Kantor Kecamatan," tandasnya. (mhd) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: