7 Rekomendasi Wisata Kuliner Enak di Malang Raya

7 Rekomendasi Wisata Kuliner Enak di Malang Raya

Salah satu aktivitas kuliner di Malang yang diminati oleh para wisatawan, penjual Puthu Lanang sedang melayani pembeli. (Instagram @puthulanangmlg)--

Radar Banyumas - Malang Raya bisa jadi destinasi yang tepat untuk liburan akhir tahun. Selain memiliki bentang alam yang bagus, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu juga dikenal memiliki banyak destinasi wisata menarik, mulai dari wisata pegunungan, wisata rekreasi, wisata edukasi, hingga wisata pantai ada di kawasan ini. Tidak lupa, kawasan ini juga terkenal dengan wisata kuliner. Di sini Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner khas Malang atau Jawa Timur.

Untuk menikmati ragam kuliner di tiga daerah tersebut, Anda bisa mengunjunginya dengan mobil. Perjalanan dengan mobil akan mempermudah mobilisasi Anda untuk pindah dari satu tempat ke tempat lain. Tersedia banyak tempat rental mobil untuk para wisatawan di Malang. Untuk penyewaan, Anda bisa langsung datang ke lokasi atau bisa juga rental mobil akhir tahun di Traveloka

Setelah menyewa kendaraan untuk berburu kuliner di Malang, saatnya Anda menentukan mana saja destinasi kuliner yang akan dikunjungi. Untuk referensi, berikut ini beberapa rekomendasi wisata kuliner enak yang ada di Malang Raya.

 

Bakso President

Berkunjung ke Kota Malang kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner Bakso President. Kuliner yang satu ini sangat populer dan legendaris di Kota Malang. Di sini pengunjung bisa menikmati beragam olahan bakso khas Malang dengan rasa autentik. Selain bakso biasa, di tempat ini juga tersedia menu bakso bakar dan bakso dengan jeroan.

Bakso President berlokasi di Jalan Batanghari No.5, Kota Malang. Tempat makan ini buka setiap hari dari pukul 08.00-21.30 WIB. Jika Anda tertarik mencoba kuliner ini, disarankan untuk datang lebih pagi, sebab tempat selalu ramai khususnya pada akhir pekan. 

Rujak Cingur Bude Ruk

Rujak Cingur Bude Ruk termasuk kuliner legendaris di Kabupaten Malang. Tempat makan ini sudah ada sejak 1960. Hidangan rujak cingur yang menjadi menu andalan tempat ini sangat disukai oleh warga lokal dan wisatawan. Buat Anda yang ingin merasakan kuliner khas Jawa Timur ini, bisa langsung datang ke Jalan Soeroeji No.17, Gang 1, Kepanjen, Malang. 

Pecel Kawi

Pecel adalah salah satu makanan khas masyarakat Jawa Timur. Biasanya makanan ini menjadi menu untuk sarapan. Salah satu kedai pecel terbaik di Malang adalah Pecel Kawi. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Kawi ini pertama kali buka pada 1975. Dari awal kemunculannya, tempat makan ini selalu menyajikan pecel dengan rasa yang autentik.

Selain menu pecel, di sini juga terdapat menu makanan lain, seperti tempe, tahu, ayam goreng, jeroan sapi, empal goreng, rawon, lodeh, dan berbagai makanan khas Jawa lainnya. Anda bisa menikmati satu porsi paket pecel lengkap dengan harga sekitar Rp20.000.

Warung Pak Untung Spesial Sambal Pencit

Sesuai dengan namanya, yang menjadi daya tarik dari tempat makan ini adalah sambal pencit atau sambal mangga muda. Sambal ini dipadukan dengan beberapa jenis lauk, seperti bebek, ayam kampung, ayam biasa, lele, tahu, dan tempe. Satu lagi yang menarik dari tempat makan ini, pengunjung bebas mengambil sambal pencit sepuasnya tanpa dikenakan biaya tambahan.

Warung Pak Untung Spesial Sambal Pencit berlokasi di beberapa kecamatan di Kabupaten Malang, diantaranya Kepanjen, Turen, dan Gondanglegi.

Mie Soden

Rekomendasi wisata kuliner selanjutnya adalah Mie Soden yang terletak di Batu Malang, tepatnya di Jalan Raya Selecta No.1, Desa Tulungrejo, Kota Batu. Tempat makan ini buka dari pukul 18.00 WIB hingga tengah malam. 

Menu utama di tempat ini adalah mie instan goreng yang dimasak dengan beberapa bumbu tambahan, telur, dan sawi hijau. Meskipun terlihat simpel, namun hidangan mie di sini memiliki cita rasa yang lezat, apalagi lokasinya berada di Kota Batu yang dingin. Selain mie instan, di sini juga terdapat teh susu khas Mie Soden, aneka jenis sate, dan beberapa pilihan camilan lainnya.

Pos Ketan Legenda

Selaras dengan namanya, destinasi kuliner yang satu ini memang sudah melegenda di Malang. Pos Ketan Legenda sudah ada sejak 1967. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini karena penasaran dengan sajian ketan di sini. Bahkan untuk menikmati kuliner ini, pengunjung rela antri panjang.

Pos Ketan Legenda memiliki menu ketan yang disajikan dengan beraneka ragam topping, seperti susu, sambal, keju, durian, dan lain sebagainya. Bila Anda tertarik dengan kuliner ini, langsung saja datang ke Jalan Kartini No.6, Ngaglik, Batu, Malang. 

Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket juga merupakan salah satu kuliner legendaris di kawasan Malang Raya. Kedai makan ini didirikan oleh Ibu Soepijah. Kuliner putu di tempat ini adalah yang terbaik dan populer di Malang. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke kedai ini setiap harinya. Selain putu, di sini Anda juga bisa menemukan ragam kuliner manis lainnya, seperti cenil dan lupis. 

Putu Lanang Celaket berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Malang. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 17.30 WIB.

 

Sudah siap berburu kuliner di Malang? Pastikan Traveloka jadi pendukung liburan Anda, ya! Mulai dari tiket, akomodasi, sampai sewa kendaraan!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: