Load Factor Trans Banyumas Turun 30 Persen

Load Factor Trans Banyumas Turun 30 Persen

Penumpang menempelkan kartu non tunai di alat pembayaran non tunai yang ada di Bus Trans Banyumas (21/11/2022). Mulai senin ini, penumpang Bus Trans Banyumas kembali bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu non tunai.-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Load factor atau faktor muat penumpang Bus Trans Banyumas mengalami penurunan 30 persen. Terjadi sejak diberlakukan tarif pada 31 Oktober sampai 20 November kemarin.

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Taryono mengatakan, penurunan load factor karena alat tap on bus (TOB) belum terpasang, untuk pembayaran non tunai melalui e-money. Sementara saat itu baru ada barcode pembayaran pembayaran menggunakan QRIS.

"Dari awal launching Bus Trans Banyumas, kami sosialisasi pembayaran non tunai dengan kartu ternyata QRIS dulu yang diterapkan," katanya.

Dari situ kemungkinan masyarakat tidak siap. Pasalnya tidak semua orang memiliki smartphone maupun dompet digital, untuk pembayaran menggunakan QRIS. Dan saat ini TOB sudah terpasang di 25 unit Bus Trans Banyumas pada 28 November kemarin.

"Jadi pembayaran yang diterapkan non tunai, bisa lewat TOB atau QRIS," terang Taryono. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: