Lolos Seleksi Administrasi, Ribuan Pendaftar PPK Ikuti Tes Tertulis, Ini Kata KPU Banyumas

Lolos Seleksi Administrasi, Ribuan Pendaftar PPK Ikuti Tes Tertulis, Ini Kata KPU Banyumas

Suasana Tes Tertulis calon anggota PPK KPU Banyumas di Lab Komputer SMAN 2 Purwokerto (6/12/2022).-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Setelah lolos dari seleksi administrasi, pendaftar formasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengikuti tes tertulis dengan metode CAT, di SMA N 1 Purwokerto dan SMA N 2 Purwokerto, Selasa-Rabu  6 dan 7 Desember 2022.  

KPU Banyumas mencatat, ada 1.377 pendaftar PPK yang lolos seleksi administrasi dari total 2.172 pendaftar.

BACA JUGA:Penyesuaian Budaya dengan Media Digital Atau Media Digital Menjadi Budaya Baru?

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Yasum Surya Mentari mengatakan seleksi tertulis ini dilakukan secara serentak se Indonesia. 

BACA JUGA:Jepang Kalah Adu Penalti dengan Kroasia

"Dilakukan pada tanggal 6 Desember. Apabila tidak selesai, bisa dilanjut 7 Desember. KPU Banyumas mengambil dua hari, sehingga hari ini empat sesi, besok 3 sesi," kata dia. 

Dia katakan, dilihat dari data, ada peningkatan jumlah pendaftar PPK. Menurutnya, ini kali pertama dengan pendaftar badan adhoc dengan jumlah terbanyak.

"Kami menilai, ini harapan baru terkait dengan antusiasme partisipasi masyarakat untuk mensukseskan pemilu 2024," kata dia. 

BACA JUGA:Selamatkan Masyarakat Dari Jerat Rentenir, Perempuan Ini Sukses Jadi Agen BRILink & UMi

Namun begitu, lanjut dia, tak dipungkiri juga bahwa bisa jadi ini bagian dari dampak pandemi. Banyak yang membutuhkan tambahan pekerjaan. 

"Apapun itu, proses seleksi kita lakukan dengan terbuka, transparan dan akuntable. Semua proses kita bisa pertanggungjawabkan," tuturnya.

Sementara itu, salah seorang peserta tes asal Sumpiuh, Achmad Nur Fatoni mengatakan antusias mendaftar karena ingin tahu seluk-beluk bekerja sebagai PPK.

BACA JUGA:Kadindik Banyumas Joko Wiyono : Akreditasi Jangan Dianggap Susah

"Ingin lebih tahu seperti apa menjadi PPK selain juga honor yang lumayan besar dibanding tahun sebelumnya," kata dia. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: