Desa Wisata Ditarget Miliki Tematik

Desa Wisata Ditarget Miliki Tematik

Kepala Desa Pekunden Narsim memberikan sambutan pada kegiatan visitasi Juri Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 ke Desa Wisata Kreatif Pekunden, Rabu (16/11) -Sudarmanto untuk Radarmas---

PURWOKERTO- Dua kali berturut-turut menangi Gelar Desa Wisata se Jawa Tengah, Pemkab Banyumas melalui Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas mengharapkan bisa terus meraih juara untuk Desa Wisata yang ada.

Adyatama Pariwisata Ekonomi Kreatif Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Bahrudin mengatakan, pihaknya menarget desa wisata di Kabupaten Banyumas memiliki tema. Hal itu bisa menjadi potensi untuk diajukan mengikuti Gelar Desa Wisata se Jawa Tengah tahun depan.

"Tematik ini ditujukan agar setiap desa wisata punya keunikan dan ciri khas," katanya.

BACA JUGA:Hebat, Pulang Dari Mesir, Bupati Banyumas Kembali Paparan Soal Penanganan Sampah di Thailand

Dia menyontohkan seperti pada Desa Wisata Cikakak yang juara Gelar Desa Wisata se Jawa Tengah 2021, memiliki tema Desa Wisata Adat. Kemudian pada 2022 dijuarai Desa Wisata Pekunden, yang memiliki tema Desa Wisata Kreatif.

"Rencana ajukan kompetisi desa wisata tahun depan sudah ada, tapi perlu ada dukungan dari pemerintah desa, kabupaten, dan legislatif," imbuhnya.

BACA JUGA:Sudah 31 Guru Yang Lakukan Aksi Nyata, SMP N 8 Purwokerto Peringkat Satu Pemanfaatan PMM

Selain itu menurut Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Wardoyo, juga harus ada kemauan dari pengelola desa wisata

"Pengelola desa wisata harus paham konsekuensinya," paparnya.

Menurutnya, bisa dipersiapkan dari sekarang. Terutama untuk pembiayaan. Bisa disiapkan dari alokasi anggaran desa 2023. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: