TOB Terpasang, Pelajar dan Lansia Masih Gratis

TOB Terpasang, Pelajar dan Lansia Masih Gratis

Penumpang menempelkan kartu non tunai di alat pembayaran non tunai yang ada di Bus Trans Banyumas (21/11/2022). Mulai senin ini, penumpang Bus Trans Banyumas kembali bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu non tunai.-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Tap On Bus (TOB) di Bus Trans Banyumas sudah terpasang Minggu (20/11) malam. Mulai Senin (21/11), penumpang bisa membayar dengan tap kartu non tunai. Untuk scan barcode dompet digital atau m-banking juga masih berlaku.

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Taryono mengatakan, pembayaran Bus Trans Banyumas untuk umum. Anak-anak, pelajar, lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun, dan disabilitas masih gratis.

"Masih gratis sampai Desember tahun ini," katanya.

Untuk kategori penumpang gratis, seperti pelajar menunjukkan kartu pelajar dengan memakai seragam sekolah. Namun saat hari libur, tanpa kartu pelajar atau seragam tetap membayar. Sedangkan lansia, menunjukkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Taryono menyampaikan, ke depannya untuk kategori penumpang gratis, tetap tapping kartu dengan tarif Rp 0. Akan diberikan barcode khusus untuk kategori penumpang gratis. Sedangkan untuk tiket Bus Trans Banyumas berlaku satu kali transit. Dan saat transit dapat tiket transit dari driver.

"Kalau perjalanan dari halte A ke halte B dan sebaliknya, tetap bayar dua kali," terangnya.

Pemasangan TOB sudah di semua Bus Trans Banyumas. Totalnya 52 unit bus. Di mana 46 unit yang beroperasi, dan enam unit cadangan. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: