15 MTs Ikut Penjadwalan Ulang ANBK

15 MTs Ikut Penjadwalan Ulang ANBK

ilustrasi siswa sd/mi -Dok Radarmas-

PURWOKERTO - Tidak hanya di jenjang MI, pekan ini sebanyak 15 MTs di Banyumas juga mengikuti penjadwalan ulang Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk sebagian siswa.

Pelaksana Seksi Pendidikan Madrasah (Penma) KanKemenag Banyumas, Patiman mengatakan data lengkap madrasah yang mengikuti penjadwalan ulang ANBK, di jenjang MTs agak banyak. Jika di jenjang MI hanya satu madrasah, untuk MTs sampai 15 madrasah.

BACA JUGA:Begini Kronologi Kecelakaan Maut di Rawalo, Dua Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk Tangki

"Sementara MAnya hanya dua. Semua jenjang tidak ada madrasah negeri," katanya.

Patiman menjelaskan tidak mengetahui persis penyebab agak banyaknya MTs di Banyumas yang sebagian siswanya mengikuti penjadwalan ulang dibandingkan MI dan MA. Yang pasti ANBK merupakan program evaluasi yang dijalankan Kemendikbud demi meningkatkan mutu pendidikan.

"ANBK terdiri dari tiga instrumen dimana ketiganya saling berkaitan yaitu Asesmen Komputer Minimal (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar," terangnya.

BACA JUGA:Kecelakaan di Rawalo, Dua Pengendara Tewas Terlindas Truk Tangki,

Adapun pelaksanaan ANBK pada jenjang MTs di Banyumas pada September lalu berlangsung lancar dan aman. Dari awal diatur ada lima siswa yang disiapkan sebagai cadangan guna mengantisipasi jika ada siswa yang berhalangan mengikuti ANBK. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: